Mengulik Lirik dan Makna Lagu Balonku Ada Lima


Hampir semua orang tentu pernah mendengar lagu anak yang satu ini. Lagu balonku ada lima merupakan lagu anak dari generasi ke generasi. Namun, tahukah kamu apa makna dari lagu tersebut dan siapakah penciptanya?

Lagu balonku ada lima adalah lagu anak yang diciptakan oleh AT Mahmud, seorang maestro musik anak-anak. AT Mahmud atau pemilik nama lengkap Abdullah Totong Mahmud akrab dikenal ketika ia membintangi salah satu acara Ayo Menyanyi di TVRI.

Lantas, apakah makna yang terkandung dalam lagu anak balonku ada lima karya AT Mahmud ini? Yuk simak ulasan berikut hingga tuntas!

Lirik Lagu Balonku Ada Lima

Balonku ada lima

Rupa-rupa warnanya

Hijau kuning kelabu

Merah muda dan biru

Meletus balon hijau (Dor)

Hatiku sangat kacau

Balonku tinggal empat

Kupegang erat-erat

Makna Lagu Balonku Ada Lima

Seperti lirik lagunya, lagu balonku ada lima menceritakan tentang benda kesukaan anak-anak, yakni balon dengan beraneka regam warnanya. Walau terlihat simpel, namun ternyata lagu yang disenangi dari masa ke masa ini mengandung pesan yang baik sekali untuk anak-anak.

Dalam lirik lagu dikatakan bahwa ‘Aku’ memiliki lima balon berwarna-warni, ada hijau, kuning, kelabu, merah mudah, dan biru. Sayangnya, balon ‘Aku’ berwarna hijau tiba-tiba meletus dan membuat hati ‘Aku’ sangat kecewa. Karena meletus satu, balon milik ‘Aku’ hanya tinggal empat. Belajar dari kesalahan, ‘Aku’ memegang erat atau menjaga balonnya agar tidak meletus lagi.

Maka dapat disimpulkan secara keseluruhan lagu balonku ada lima megajarkan anak-anak dan kita semua untuk tidak mudah merasa putus asa ketika menghadapi situasi yang mengharuskan kita kehilangan sesuatu yang berharga dalam hidup kita.

Bukan hanya itu, lagu ini juga mengajarkan kita untuk mengambil hikmah dari suatu kejadian, baik itu kebahagiaan maupun kehilangan sekalipun. Selain itu, secara tidak langsung ketika anak menyanyikan lagu balonku ada lima, anak akan sekaligus belajar menghitung pengurangan dengan cara yang menyenangkan.

Maka dari itu, makna baik yang terkandung dalam lagu anak yang satu ini harus sampai pada semua anak Indonesia, dari generasi ke generasi. Jangan biarkan lagu anak justru tergantikan dengan lagu-lagu populer yang melampaui usianya.

Nah, itulah ulasan seputar lirik dan makna lagu balonku ada lima. Semoga bermanfaat!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan

Makna Lagu Cicak-Cicak di Dinding

Rekomendasi Dongeng Anak