Postingan

Manfaat Masa Golden Age Anak dengan Mengoptimalkan Daya Ingatnya

Gambar
Golden age merupakan periode penting dalam masa perkembangan anak. Masa golden age adalah masa emas pada anak-anak di awal kehidupannya yaitu pada usia 0-5 tahun. Fase ini penting untuk diperhatikan oleh orangtua karena fase ini pertumbuhan anak berkembang begitu pesat. Penelitian mengatakan sekitar 50% kecerdasan orang dewasa mulai terbentuk di usia 4 tahun. Untuk menegakkan kedisiplinan pada anak, orang tua dapat memulainya dengan membuat perjanjian kecil dengan sang anak agar mengerti mana hal yang baik dan benar, namun juga dengan cara yang tepat, yang tentunya tidak menyinggung mereka. Keistimewaan anak pada masa golden age ini sangatlah berbeda-beda dan bermacam-macam, untuk mengahdapi hal tersebut tentunya juga sangat menguji kesabaran. Salah satu cara untuk menghadapinya adalah dengan menerapkan disiplin pada anak tanpa menghukumnya secara berlebihan bila sanga anak melakukan kesalahan, pemenuhan gizi yang cukup, pertumbuhan fisik dan lain sebagainya. Para ilmuwan yakin ada dua

Cara agar Anak Mau Belajar dengan Semangat dan Rajin

Gambar
  Terdapat berbagai cara agar anak mau belajar yang bisa Anda coba, mulai dari memberikannya hadiah hingga membuat suasana pembelajaran menjadi menyenangkan. Apakah anak malas belajar? Jika demikian, jangan langsung menghakimi apalagi menganggapnya sebagai pemalas. Sebab, sifat malas dapat dihilangkan dan ada banyak cara agar anak mau belajar yang bisa dicoba di rumah. Untuk menumbuhkan niat dan tekad anak supaya tidak malas, kenali lebih lanjut berbagai cara membuat anak pintar dan rajin belajar berikut ini. Cara Agar Anak Mau Belajar Tanpa Paksaan Sebagai orangtua, tentu kita berharap agar anak rajin belajar supaya bisa berprestasi di sekolah. Akan tetapi, kadang keinginan orangtua ini dapat menjadi tekanan bagi si kecil sehingga membuatnya malas dan tidak mau belajar. Lalu, apa yang harus orangtua lakukan agar anak menjadi rajin belajar tanpa paksaan? Temukan jawabannya di bawah ini. 1. Memberikannya hadiah Memberikan hadiah adalah salah satu cara agar anak mau belajar yang patut di

Kenali Penyebab Anak Tidak Bisa Diam dan Cara Menghadapinya

Gambar
Kemungkinan penyebab anak tidak bisa diam adalahi ADHD, kualitas tidur yang buruk, hipertiroidisme, hingga stres. Untuk mengatasinya, terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan. Anak aktif bisa menjadi pertanda tumbuh kembangnya berjalan dengan baik dan sehat. Namun, jika terlalu aktif hingga anak tidak bisa diam, sebaiknya Anda perlu waspada. Tidak sedikit orangtua yang mempertanyakan bahwa anak tidak bisa diam apakah hiperaktif. Faktanya tidak selalu demikian. Beberapa hal mendasar, seperti kurang tidur hingga stres, pun dapat menyebabkan anak terlalu aktif. Penyebab Anak Tidak Bisa Diam Anak terlalu aktif di bawah usia 5-6 tahun (balita dan prasekolah) terkadang merupakan hal yang normal.  Walaupun begitu, Anda perlu waspada terhadap sejumlah kondisi yang dapat membuat anak tidak bisa diam, seperti: 1. Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) adalah gangguan mental yang menyebabkan anak sulit memusatkan perhatian, hiperaktif, da

Deretan Mainan Edukatif untuk Anak

Gambar
   Uia dini merupakan usia yang penting banget untuk si kecil. Soalnya anak juga belajar dari berbagai hal yang ada di sekitarnya termasuk mainan nih. Mainan juga membantu kreativitas si kecil biar di makin baik dalam berimajinasi. Mainan yang baik untuk perkembangan anak adalah mainan  edukatif  . Mainan edukatif membantu perkembangan diri si kecil secara optimal nih. Mainan edukatif nggak cuma bikin anak-anak jadi lebih cerdas, masa kecil anak-anak juga jadi lebih menyenangkan. Yuk langsung aja kita simak mainan edukatif yang bagus untuk si kecil. • Jigsaw Puzzle Kalian pasti udah sering banget liat mainan yang satu ini kan? Jigsaw puzzle ini udah cukup  populer  banget di pasaran. Biasanya jigsaw  puzzle  potongan-potongan gambar utuh yang nantinya harus kita satuin, Jigsaw puzzle cocok banget dimainkan anak-anak karena nggak rumit dan mudah dipahami. Tapi tidak usah khawatir, anak di bawah usia 10 bulan pun bisa memainkan jigsaw puzzle ini. Mainan yang satu ini bagus banget untuk m

5 Prinsip Parenting Membentuk Karakter Positif pada Anak, Bunda Wajib Tahu!

Gambar
  Membersarkan dan mendidik sang buah hati menjadi pribadi yang baik bukanlah perkara yang mudah. Sedikit saja kekeliruan dalam pola asuh yang dilakukan, mampu berdampak besar pada karakter dan pertumbuhan sang buah hati kelak. Maka dari itu, penting bagi para orang tua mengetahui dan memperlajari, bagaimana sih prinsip parenting yang benar. Agar sang buah hati kelak tumbuh menjadi pribadi yang positif. Ketika terlahir ke dunia, anak bagaikan selembar kertas putih kosong yang dapat dihias dengan sebuah lukisan, tulisan, atau bahkan coretan sekalipun. Oleh karena itu, semua yang ada dalam secarik kertas tersebut bergantung kepada pola asuh yang diterapkan oleh orang tua. So, bagaimana prinsip parenting yang baik? Yuk simak ulasan berikut hingga tuntas! 5 Prinsip Parenting Membentuk Karakter Positif pada Anak 1. Menjadi Contoh atau Panutan Anak akan cenderung mengikuti atau meniru kelakukan orang tuanya. Oleh sebab itu, menjadi contoh atau panutan menjadi salah satu cara mendid

Gaya Parenting yang Baik, Agar Anak Tidak Tertekan

Gambar
  Menurut APA (Amerika Psychological Association) Parenting adalah suatu pola pengasuhan anak oleh orang dewasa. Dewasa dalam hal ini, tidak terbatas dengan hubungan biologis. Parenting memiliki tujuan utama yaitu, memastikan anak selalu dalam kedaan sehat dan aman, serta mempersiapkannya agar tumbuh menjadi anak yang produktif dan mengerti nilai-nilai budaya. Keluarga yang merupakan unit terkecil dari masyarakat yang terdiri dari anggotanya yang memiliki peranannya masing-masing. Apalagi orangtua, peran orangtua sangat dibutuhkan oleh anak-anaknya. Terutama, dalam menjalankan fungsi edukasi kepada anak . Fungsi edukasi ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan keluarga sebagai sarana pendidikan pertama dan paling utama. Serta, sebagai sistem control internal bagi perilaku anak. Itulah mengapa ilmu parenting sangat dibutuhkan dalam mengasuh anak . Cara mengasuh anak yang salah dapat membuat anak merasa tertekan, akibatnya anak tidak mau lagi mendengarkan penjelasan dari orangtua maupu

Penyebab dan Cara Mengatasi Kolik Pada Bayi

Gambar
  Si kecil sudah kenyang, namun nangis terus? Hal tersebut bisa jadi pertanda bahwa sang buah hati tengah mengalami kolik, loh bun. Lantas apa sih kolik ini? Apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk cari tahu bunda! Apa Itu Kolik? Kolik merupakan kondisi ketika bayi menangis selama waktu yang lama tanpa alasan yang jelas dan sulit ditenangkan. Kondisi ini umumnya kerap terjadi pada bayi yang berusia 2 minggu hingga 4 bulan. Meski kolik kerap menimbulkan kecemasan, namun kondisi ini merupakan hal umum yang dialami bayi. Untuk perbandingannya kira-kira 1 dari 4 bayi baru lahir beresiko mengalami kolik. Lantas apakah kondisi ini berbahaya untuk sang buah hati? Jawabannya tidak ya bunda. Kolik tidak juga dianggap sebagai gangguan kesehatan dan tidak permanen. Umumnya kondisi ini akan menghilang dengan sendirinya, ketika bayi telah menginjak usia 4 bulan. Para ahli juga mengatakan bahwa kondisi ini tidak berdampak bagi tumbuh kembang sang buah hati. Apa Ciri-ciri Kolik Pada