Tayangan untuk Anak : 5 Kartun Ini Cocok untuk Nonton Sambil Belajar

 


Para orangtua sering sekali merasa khawatir dengan kebiasaan anak yang suka menghabiskan banyak waktu untuk menonton tayangan televisi. Namun tahukah bunda bahwa menonton televisi tidak selalu memberi dampak buruk kepada anak.

Televisi mempunyai cukup banyak tayangan-tayangan yang dapat memberikan informasi dan pengetahuan untuk anak-anak, salah satunya ialah kartun. Bukan hanya sebagai sarana hiburan, menonton kartun juga bisa membuat anak lebih banyak belajar hal baru mengenai dunia luar dan mengasah bakat imajinasi anak.

Selain itu, menonton kartun juga dapat memperluas ilmu bahasa anak dan menambah kosa kata anak. Namun, orangtua juga perlu mengetahui kartun apa saja yang baik untuk anak, agar dapat memilihkan jenis tontonan yang mendidik untuknya.

So, nonton sambil belajar? Berikut rekomendasi kartun edukasi yang bisa menjadi pilihan tontonan sang buah hati.

Rekomendasi Tayangan Kartun untuk Anak

1. Nussa

Animasi kartun yang satu ini kini menjadi salah satu film kartun Indonesia yang paling banyak digemari oleh kalangan anak-anak. Nussa dirilis pada tanggal 14 Oktober 2021 lalu secara serentak di bioskop.

Kartun ini bertemakan cerita keluarga, yang mengisahkan tentang dua orang kakak beradik Nussa dan Rara. Salah satu pesan yang mendidik dari kartun yang satu ini adalah ajakan untuk anak-anak muslim rajin beribadah.

2. Upin & Ipin

Siapa yang tidak tahu animasi kartun yang satu ini? Upin & Ipin telah ditayangkan di Indonesia selama bertahun-tahun. Walaupun begitu, cerita serta animasinya yang menarik membuat Upin & Ipin masih menjadi salah satu kartun dengan rating tertinggi sebagai tayangan favorit anak-anak.

Eits, bukan hanya anak-anak, Upin & Ipin juga banyak digemari oleh orang dewasa, loh. Tayangan kartun dua kembar seiras ini mengandung banyak pesan moral yang baik untuk anak-anak disetiap episode tayangannya.

3. Tayo Little Bus

Tayo Little Bus menayangkan cerita tentang kehidupan berbagai kendaraan dengan bus sebagai peran utamanya. Diciptakan oleh rumah produksi asal Korea Selatan, Tayo Little Bus mengandung pesan moral tentang pentingnya tolong menolong antar sesama.

4. Curious George

Curious George merupakan serial kartun animasi yang diadaptasi dari buku dengan judul yang sama. Kartun ini mengangkat seekor monyet bernama George sebagai pemeran utamanya. Pada kartun ini George diceritakan memiliki sifat yang mirip dengan karakter anak-anak yakni memiliki rasa ingin tahu yang begitu besar.

Bersama dengan pria bertopi kuning, serial animasi kartun yang satu ini mengajarkan anak-anak untuk tidak perlu merasa takut jika ingin bertanya. Selain itu, kartun George juga dapat membantu anak-anak untuk menumbuhkan jiwa kreativitas.

5. Sofia The First

Sofia The First merupakan animasi kartun anak asal Amerika yang diproduksi oleh Disney. Animasi kartun yang satu ini berkisah tentang seorang putri kerajaan yang banyak membagikan nilai-nilai sosial melalui cerita kesehariannya bersama dengan teman-teman.

Selain itu, animasi kartun yang satu ini juga memberikan pengetahuan kepada anak-anak untuk bersikap baik serta menjadi orang yang cerdas dalam bertindak.

Walau deretan rekomendasi tayangan kartun anak diatas memberikan pelajaran yang baik, namun ada baiknya jika bunda memberikan durasi menonton, sehingga anak tidak hanya menghabiskan waktunya hanya dengan menonton saja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan

Makna Lagu Cicak-Cicak di Dinding

Rekomendasi Dongeng Anak