5 Cara Efektif Untuk Mendidik Anak Nakal

5 Cara Efektif Untuk Mendidik Anak Nakal

Pada masa anak-anak, si kecil akan lebih aktif dalam beraktivitas dan sering membuat para orangtua kesal karena berbagai tingkah nakalnya.

Walaupun tingkah mereka sering membuat kesal, tetap saja anak-anak tidak layak untuk dimarahi dengan cara kekerasan ya bunda.

Hal ini disebabkan karena anak-anak belum mengetahui kesalahan yang mereka lakukan. Selain itu si kecil juga belum faham betul mengenai arti dari kesalahan.

Untuk itu, pada kesempatan ini kami akan membagikan beberapa cara efektif untuk menghadapi anak yang nakal tanpa menggunakan cara kekerasan.

1. Memahami Sifat Anak

Cara efektif untuk mendidik anak yang nakal yang pertama adalah dengan memahami cara berpikir si kecil. Bunda dapat mencoba untuk berpikir melalui sudut pandang anak.

Dengan cara ini kamu dapat mengetahui masalah apa yang menyebabkan anak menjadi nakal. Apakah karena anak mengalami stres, ketakutan, sedih atau karena kurang kasih sayang.

Jika para orangtua sudah faham sifat si kecil, maka secara otomatis kamu akan paham pula untuk mencari cara yang benar untuk mendidik mereka.

Dalam menerapkan cara ini, para orangtua harus lebih sering untuk meluangkan waktunya untuk memperhatikan si kecil.

Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengajak anak-anak untuk bermain bersama, belajar bersama atau dengan mencoba hal-hal yang baru bersama si kecil.

2. Memberikan Contoh Tindakan yang Baik

Setelah kalian mengetahui sifat atau karakter yang dimiliki anak, maka para orangtua juga harus memberikan contoh tindakan yang baik kepada si kecil.

Didikan moral dapat diberikan kepada anak sejak dini. Karena disaat inilah waktu yang tepat untuk mengajarkan anak untuk bersikap, seperti berperilaku sopan dan santun saat berinteraksi dilingkungan sosial.

Anak adalah peniru yang baik, sedangkan orangtua dan lingkungan keluarga adalah contoh terdekat yang paling mudah untuk ditirukan oleh si kecil.

Cara mendidik anak yang paling efektif adalah dengan memberinya teladan lewat perilaku sehari-hari, bukan cuma lewat banyak nasihat.

Bila orangtua berperilaku tidak sesuai dengan nasihat yang mereka berikan pada anak, maka jangan heran bila anak tidak akan mendengarkan nasihat tersebut.

3. Memberikan Pengertian

Cara mendidik anak nakal berikutnya adalah dengan memberikan pengertian pada anak bahwa bersikap nakal adalah perbuatan yang tidak baik.

Jika mereka tetap saja membantah atau melawan, maka kamu boleh menegurnya, cobalah bersikap dan berkata bahwa kamu dapat memahaminya dan berniat untuk membatu si kecil dalam menyelesaikan masalahnya.

Sebelumnya bunda harus meredakan amarahnya dan menenangkannya terlebih dahulu, bisa dengan menyuruh si kecil bernapas dalam-dalam sebanyak 10 kali atau menuliskan kemarahannya.

Jika anak sudah dalam keadaan yang lebih tenang, maka bunda bisa mengajaknya untuk berdiskusi seputar penyebab dan solusi untuk kemarahan yang baru dialaminya tersebut.

4. Memberikan Kasih Sayang yang Cukup dan Disertai Dengan Sikap Tegas

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, kurangnya kasih sayang yang diberikan kepada anak dapat menyebabkan anak menjadi nakal.

Namun kasih sayang yang berlebihan dapat juga membuat anak nakal, oleh sebab itu kasih sayang harus disertai dengan sikap yang tegas.

Orangtua harus tetap tegas ketika memang tidak ada pilihan lain untuk didiskusikan. Caranya dengan memberitahu anak untuk tidak meminta hal tersebut lagi atau memilih hal lain.

Metode ini harus diterapkan dalam menghadapi anak nakal, orangtua harus tegas dalam bersikap untuk menghadapi anak.

5. Ajari Anak Untuk Memahami Peraturan yang Ada

Mungkin Anda telah membuat berbagai macam peraturan di rumah agar anak dapat berperilaku baik dan disiplin.

Salah satu penyebab anak nakal dan susah diatur adalah peraturan di rumah yang sulit dipahami. Oleh sebab itu sebaiknya para orangtua mengajarkan terlebih dahulu mengenai peraturan tersebut.

Oleh karena itu, cobalah pandu anak agar mereka mampu mengerti berbagai peraturan yang ada baik dirumah maupun dilingkungan lainnya.

Dengan demikian, mereka diharapkan dapat mulai menunjukkan perilaku baik dan dapat terbiasa untuk menerapkan peraturan yang ada dimanapun mereka berada.

Demikianlah beberapa cara efektif untuk mendidik anak nakal yang dapat kamu coba terapkan dirumah. Kamu harus tetap ingat untuk selalu menghindari tindakan kekerasan untuk mendidik anak ya teman.

Karena hal ini dapat membuat anak menjadi trauma. Anak yang biasa di didik dengan keras akan cenderung lebih nakal dan susah untuk dikendalikan .

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan

Makna Lagu Cicak-Cicak di Dinding

Rekomendasi Dongeng Anak