5 Cara Mudah Membuat Balita Tertidur

Cara Mudah Membuat Balita Tertidur

Menurut medis tidur merupakan salah satu istirahat yang paling baik untuk dilakukan untuk melepas rasa lelah dari rutinitas sehari-hari.

Khususnya bagi anak-anak yang masih berumur di bawah 5 tahun, tidur adalah aktivitas yang paling banyak dilakukan selain bermain.

Sesuai saran dokter bayi usia 0-3 bulan membutuhkan waktu tidur sebanyak 14-17 jam per hari. Sementara bayi yang sudah mencapai usia 4-11 bulan disarankan untuk tidur sebanyak 12-15 jam per hari.

Batita (bayi dibawah tiga tahun) yakni sekitar usia 1-2 tahun disarankan untuk tidur sebanyak 11-14 jam per hari. Sedangkan untuk balita 3-5 tahun disarankan untuk tidur sebanyak 10-13 jam per hari.

Namun terkadang ada sebagian anak sangat rewel jika disuruh tidur. Oleh sebab itu, para bunda perlu mencoba beberapa cara mudah membuat balita tertidur di bawah ini.

1. Membuat Lingkungan Kamar yang Nyaman

Cara pertama yang membuat bayi cepat tertidur adalah dengan membuat lingkungan kamarnya menjadi nyaman agar si kecil bis tertidur dengan pulas.

Hal ini disebabkan karena suasana kamar yang kurang nyaman tentunya dapat mengganggu anak ketika tertidur, sehingga menyebabkan anak lebih cepat terbangun.

Selain itu, para bunda harus berusaha menghindari si kecil dari hal-hal yang bising yang bisa membuat anak tersentak atau kaget.

Selanjutnya gunakan pula lampu kamar yang tidak terlalu terang. Pakaikan juga si kecil pakaian yang sesuai dengan suhu yang ada di kamar.

Jika kamar terlalu dingin, beri anak pakaian yang tebal dan sebaliknya jika panas beri pakaian yang memiliki bahan yang agak tipis.

Sangat disarankan juga ya bunda untuk tidak memberikan anak AC atau pun kipas angin jika tidak terlalu perlu. Karena kondisi tubuhnya masih rentan dan dapat membuat imun tubuh anak menurun.

2. Membuat Jadwal Tidur Anak yang Tetap

Waktu tidur anak yang tetap mampu membuat anak lebih mudah tertidur karena sudah terbiasa. Kalau bisa jadwal waktunya jangan berubah-ubah ya teman.

Para bunda bisa menetapkan waktu tidur siang pada pukul 13.00 hingga pukul 15.00 dan tidur malam pukul 21.00, upayakan untuk terus menerapkannya setiap hari secara rutin.

Selain membuat anak memiliki waktu istirahat yang cukup, cara ini juga bermanfaat untuk  membuat anak lebih disiplin.

3. Hindari Kegiatan yang Terlalu Aktif

Sebelum memasuki jam tidurnya, penting untuk para orangtua untuk mengurangi kegiatan yang terlalu aktif pada si kecil.

Hindari kegiatan seperti melompat, berlari atau gerakan besar lainnya. Gerakan-gerakan ini dapat membuat tubuhnya lebih aktif, sehingga ia terjaga yang akibatnya ia akan sulit diajak tidur.

Hindari juga menonton televisi dan bermain video game, hal ini agar mata anak tidak terpaku terus menerus pada layar.

Sebaiknya diganti dengan membacakan buku cerita guna membuat anak lebih tenang, sekaligus lebih banyak manfaat pada si kecil.

4. Berikan Minuman yang Membuat Anak Rileks

Memberikan segelas susu hangat sudah bukan rahasia lagi untuk membuat anak cepat merasa ngantuk. Memberikan minuman hangat sebelum tidur dirasa ampuh dalam membuat posisi lebih rileks.

Selain itu kandungan tryptophan dalam susu dapat memberikan ketenangan pada si kecil. Inilah yang membuat mereka lebih cepat tertidur.

Dengan memberikan minuman hangat seperti susu atau pun teh manis, mampu membuat suhu tubuh anak akan meningkat dan menjadi lebih nyaman untuk tidur.

5. Beri Perhatian Pada Anak Sebelum Tertidur

Kenyamanan yang dapat kamu berikan bisa berupa pelukan kasih sayang atau nyanyian pengantar tidur yang dapat membuat si kecil menjadi mengantuk.

Ini juga dapat memberikan kenyamanan pada anak. Anak akan merasa dirinya disayangi dan mendapat perhatian dari orangtuanya.

Demikianlah 5 cara mudah membuat balita tertidur yang dapat kamu terapkan dirumah. Kunci dari keberhasilan cara ini adalah kegiatan ini harus dilakukan secara rutin ya bunda.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan

Makna Lagu Cicak-Cicak di Dinding

Rekomendasi Dongeng Anak