5 Cara Mudah Untuk Mengajari Anak Mencintai Lingungan

Anak Mencintai Lingungan

Pada saat ini dunia sedang membutuhkan generasi penerus yang dapat menjaga dan mencintai lingkungan. Karena lingkungan akan semakin rusak bila tidak ada yang dapat melestarikannya.

Jika kondisi lingkungan semakin buruk, maka bisa-bisa kehidupan makhluk yang ada di bumi menjadi musnah termasuk juga dengan manusia.

Untuk itu mulailah menumbuhkan cinta lingkungan dari diri sendiri dan memberikan contoh kepada orang-orang yang ada disekitar, salah satunya adalah keluarga.

Bagaimanapun, anak-anak adalah masa depan, dan mendidik mereka untuk menerapkan pola hidup ramah lingkungan akan memberi dampak yang baik pada kehidupan masa depan mereka.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan orang tua untuk membuat anak lebih sadar dan peduli lingkungan. Simak pembahasanya dibawah ini ya bunda!

1. Pergi Ke Alam Bebas

Anak kecil sangat bagus bila sering diajak pergi ke alam bebas. Selain udaranya yang belum terpapar polusi udara dan jauh dari kebisingan, berlibur ke alam bebas dapat membuat anak menjadi terbiasa nyaman jika berada di alam bebas.

Selain itu, anak akan dapat lebih banyak memiliki pengetahuan mengenai lingkungan, mulai dari flora maupun fauna.

Menurut penelitian yang ada, jika anak sering berada dilingkungan bebas dapat membuat mereka lebih mengenal dan mencintai lingkungan.

2. Membiasakan Anak Membuang Sampah Pada Tempatnya

Hal paling dasar yang bisa diterapkan sejak dini di dalam lingkungan rumah adalah membiasakan anak untuk membuang sampah pada tempatnya.

Jika diterapkan secara rutin, kebiasaan baik ini tentu akan terbawa hingga anak beranjak dewasa dan dapat memberikan dampak yang baik untuk kehidupan anak.

Ajarkan pula kepada mereka tentang dampak yang akan ditimbulkan jika membuang sampah sembarangan. Ini akan membuat mereka lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan.

3. Mengajarkan Anak Menanam Pohon

Selain dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan, menanam pohon atau tanaman bersama anak juga dapat membuat perkembangan motoriknya terstimulasi dengan baik.

Bunda bisa mengedukasi mereka untuk mengurus tanaman yang telah mereka tanam, tidak menginjak rumput, menumbuhkan rasa cinta kebersihan, juga menyarankan tidak merusak tanaman dan tidak mencoret-coret pohon.

4. Ajarkan Reduce, Reuse, Recycle

Perkenalkan konsep reduce, reuse, recycle kepada mereka, cara ini dapat membuat mereka lebih cinta lingkungan.

Reduce berarti usaha untuk mengurangi sampah, sedangkan reuse dan recycle berarti memanfaatkan kembali sampah yang masih bisa dipakai atau mendaur ulangnya.

Agar lebih mudah untuk difahami oleh anak-anak, berikan contoh yang nyata mengenai cara mengurangi, memakai kembali, serta mendaur ulang sampah setiap hari.

Salah satunya biasakan mereka untuk membawa tas belanja dari rumah agar tak menambah jumlah sampah plastik di rumah. Atau kamu bisa mengajarkan mereka untuk memanfaatkan botol plastik bekas sebagai pot bunga.

5. Membuat Kegiatan Seru yang Ramah Lingkungan

Untuk mengisi waktu liburan, orang tua dapat mengembangkan kreativitas anak dengan cara membuat aktivitas seru yang ramah lingkungan.

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengajak anak berkebun, seperti menanam bunga warna-warni atau memelihara tanaman.

Selain itu, kamu juga dapat mengajak si kecil untuk mengolah barang bekas atau membuat pupuk dengan daun-daun yang ada.

Itulah beberapa cara mudah untuk mengajari anak lebih mencintai lingkungan. Kamu dapat mengemas informasi tersebut dalam sebuah cerita atau dongeng yang memiliki pesan-pesan moral.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan

Makna Lagu Cicak-Cicak di Dinding

Rekomendasi Dongeng Anak