Tips Mudah Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan

Anak Saat Musim Hujan

Sebagai negara yang memiliki iklim tropis, hujan merupakan salah satu musim yang akan dialami selama beberapa kali dalam setahun.

Namun sayangnya dicuaca yang dingin ini, banyak anak yang rentan terserang penyakit seperti flu, batuk, hingga demam.

Diketahui hal ini disebabkan karena adanya kelembapan udara yang cukup tinggi sehingga memudahkan berkembangnya virus dan bakteri.

Untuk mencegah si kecil terserang penyakit, berikut beberapa tips mudah menjaga kesehatan anak saat musim hujan yang dapat kamu terapkan dirumah.

1. Menggunakan Pakaian Hangat

Pada musim hujan, suhu udara cenderung menurun sehingga banyak anak-anak bahkan orang dewasa merasa kedinginan.

Apalagi jika anak suka mandi hujan, maka otangtua sangat disarankan untuk memberikan pakaian hangat kepada mereka setelah setelah selesai mandi.

Kamu dapat memberikan pakaian yang berbahan dasar wol atau bulu domba, dan jangan lupa juga untuk memakaikan selimut pada anak ketika tidur agar tetap hangat

2. Memberikan Asupan Makanan Sehat

Tips mudah menjaga kesehatan anak saat musim hujan pada musim hujan selanjutnya adalah, bunda harus memberikan asupan makanan sehat untuk mereka ya.

Makanan yang bernutrisi dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh anak. Anak harus mengonsumsi makanan sehat setiap hari agar dapat membantu tumbuh kembang mereka.

Jika sistem kekebalan tubuh anak meningkat, maka secara otomatis mereka akan terlindungi dari virus-virus yang ada selama musim hujan.

3. Menyesuaikan Suhu Ruangan

Pada musim hujan, umumnya suhu udara akan dingin dan berangin. Sebenarnya tidak terlalu perlu sekali menggunakan pemanas udara, karena ruangan tidak terlalu ekstrim.

Oleh sebab itu sebaiknya seluruh jendela dan pintu dirumah ditutup. Selain untuk mencegah nyamuk masuk, cara ini juga dapat membantu agar suhu udara tetap hangat dan stabil.

4. Hindari Terkena Gigitan Nyamuk

Tips mudah menjaga kesehatan anak saat musim hujan yang sangat perlu kamu perhatikan adalah dengan mencegah anak agar tidak terkena gigitan nyamuk.

Munculnya banyak genangan air saat hujan merupakan salah satu penyebab utama meningkatnya perkembangan nyamuk.

Jika terus dibiarkan, genangan air itu dapat menjadi sarang nyamuk Aedes Aegypti yang bisa membuat. Selain meminimalisir genangan air, bunda juga perlu mengoleskan lotion pada anak saat hendak tidur.

Jika cuaca terlalu dingin, kamu juga dapat menghangatkan si kecil dengan lampin yang tebal atau lightweight sleeping bag agar lebih merasa hangat dan nyaman.

Jangan lupa juga untuk menghindari penggunaan AC, karena akan menurunkan suhu menjadi lebih rendah lagi dan dapat berpotensi membuat anak menjadi demam.

5. Menjaga Waktu Istirahat Anak Tercukupi

Saat memasuki musim hujan, ada baiknya membiasakan anak untuk lebih banyak istirahat dan khusunya menjaga pola tidur.

Karena pola tidur yang tercukupi dapat memulihkan stamina dan memperbaiki kekebalan tubuh. Oleh sebab itu perlu membiasakan si kecil untuk tidur siang.

Selain dapat mencegah anak terlalu lelah, waktu istirahat yang tercukupi juga dapat menjaga kesehatan tubuh secara optimal.

Jangan lupa juga untuk bunda memantau waktu istirahat si kecil saat malam hari ya. Hal ini bertujuan agar sistem kekebalan tubuh anak tetap stabil dan tidak mudah sakit.

Itulah beberapa tips mudah menjaga kesehatan anak saat musim hujan. Walaupun demikian para orangtua diharapkan lebih memerhatikan kesehatan anak disaat musim hujan.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makna Lagu Cicak-Cicak di Dinding

Rekomendasi Dongeng Anak