Inilah 5 Jenis Ikan Laut Beserta Manfaatnya yang Baik Untuk Pertumbuhan Anak

Indonesia adalah negara maritim yang memiliki wilayah laut yang luas dan hasil laut yang melimpah. Ikan merupakan salah satu sumber nutrisi yang harus tercukupi setiap harinya, terutama bagi si kecil.

Karena nutrisi dari ikan dapat mendukung tumbuh kembang dan kecerdasan si buah hati. Pada dasarnya, ikan laut sangat mudah diolah menjadi berbagai masakan yang lezat dan menggugah selera.

Untuk itu, kami akan membagikan informasi seputar jenis ikan laut, mulai dari nutrisi yang dikandungnya dan manfaatnya dalam pertumbuhan anak.

1. Ikan Tuna

Ikan Tuna

Indonesia adalah salah satu negara produsen ikan tuna terbesar ketiga di dunia. Jenis ikan yang satu ini cukup populer di dunia karena kandungan proteinnya yang tinggi dan sangat baik untuk anak.

Dalam satu porsi daging ikan tuna (100 gram), terdapat 92% protein (23,38 gram), asam lemak esensial omega-3 jenis EPA dan DHA, Natrium, Vitamin D, Vitamin B6, Vitamin B12 dan Zat besi.

Nutrisi dari ikan tuna sangat baik untuk tunbuh kembang anak, salah satunya kandungan omega-3 yang dapat meningkatkan kecerdasan pada anak, meningkatkan imun tubuh anak, dan mencegah penyakit kulit.   

Selain itu kandungan nutrisi yang lain juga dipercaya dapat menyehatkan jantung dan meningkatkan penglihatan. Sehingga sangat cocok diberi kepada anak yang sering bermain smartphon ya bunda!

2. Ikan Salmon

Ikan Salmon

Salmon adalah jenis ikan laut yang sangat populer di dunia karena memiliki tingkat gizi yang tinggi. Ikan ini dapat bunda jadikan sebagai sumber protein baru selain ayam dan daging.

Dalam 100 gram ikan salmon mentah, terdapat 20 gram protein, 6 gram lemah baik, 30 miligram magnesium, dan 500 miligram kalium.

Selain itu daging salmon juga mengandung Zinc, Selenium, Asam folat, Asam amino, Asam lemak omega-3 (EPA dan DHA), Vitamin A, Vitamin B, Vitamin D, Zat besi, dan Kalsium Fosfor.

3. Ikan Kakap

Ikan Kakap

Terdapat 2 jenis ikan kakap yang biasa di konsumsi oleh masyarakat Indonesia yakni ikan merah dan kakap putih. Ikan laut yang satu ini merupakan ikan khas dari Riau.

Daging ikan kakap mengandung 26,3 gram protein, 1,72 gram total lemak, 40 miligram kalsium, Zat besi, Fosfor, Potasium, Zinc dan Magnesium.

Menurut penelitian yang ada, kandungan nutrisi pada ikan kakap dapat menjadi antioksidan yang bisa membantu perkembangan otak pada anak.

4. Ikan Tongkol

Ikan Tongkol

Ikan tongkol adalah jenis ikan yang masih satu keluarga dengan ikan tuna. Ikan ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia karena harganya yang lebih terjangkau.

Satu porsi ikan tongkol mengandung protein yang tinggi dan 1,5-2 mg zat besi yang memiliki manfaat untuk mencegah anemia pada anak.

Selain itu, daging ikan ini juga kaya vitamin D dan kalsium yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tulang anak. Kandungan ini sangat dibutuhkan si kecil pada masa pertumbuhan.

5. Ikan Bandeng

Ikan Bandeng

Ikan bandeng adalah jenis ikan yang dapat hidup dimana saja, mulai dari air tawar, air laut bahkan ikan payau sekali pun.

Daging ikan bandeng banyak mengandung kalsium dan fosfor yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang dan gigi anak.

Serta, di dalam 100 gram daging ikan bandeng, terdapat 20 miligram kalsium dan 150 miligram fosfor yang merupakan jumlah gizi yang dibutuhkan tubuh anak setiap harinya.

Itulah beberapa jenis ikan laut yang dapat Bunda jadikan sebagai bahan utama masakan yang baru untuk melengkapi kebutuhan nutrisi anak di setiap harinya.

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan

Makna Lagu Cicak-Cicak di Dinding

Rekomendasi Dongeng Anak