Ingin Anak Cepat Berjalan, Ini dia Caranya

Koordinasi dan kekuatan otot-otot Si Kecil akan mengalami peningkatan selama tahun pertama. Perkembangan itu pun terjadi secara bertahap.

Menurut buku What to Expect, pada umumnya anak akan mulai belajar berjalan pertama kalinya pada usia 14 bulan.

Namun, bagi sebagian anak yang tingkat keaktifannya lebih tinggi, akan memulai melangkah pada usia 7 bulan dan paling lambat, 18 bulan atau satu setengah tahun.

Oleh sebab itu, para orang tua sebaiknya harus mengetahui cara agar bayi cepat berjalan. Salah satunya adalah dengan memberikan dukungan khusus agar lama kelamaan bayi mulai berjalan dengan baik.

Berikut beberapa trik yang bisa para orang tua coba, agar si buah hati dapat cepat berjalan.

1. Rajin Menitahnya

Cara paling umum untuk membantu si kecil berjalan adalah dengan rajin menitahnya. Cara ini dapat membuat si bayi untuk berlatih membebani kakinya.

Cara menitah yang benar adalah kamu cukup berjalanlah di belakang si Kecil sambil memegang kedua tangannya, lalu beri dia dukungan yang cukup dan tetap jaga keseimbangan tubuhnya agar tidak tersungkur.

Jangan lupa, pegang kedua lengannya dalam posisi yang agak tinggi, tujuannya agar tubuhnya dapat berdiri tegak.

Tapi pastikan juga, jangan sampai kamu malah mengangkat tangan dan badannya terlalu tinggi, apalagi sampai kakinya tak menapak penuh di lantai. Karena tindakan ini dapat membahayakan si kecil dan dapat pula membuat tangan bayi menjadi terkilir.

2. Jangan Membatasi Ruang Gerak Anak

Pada umumnya, seorang anak yang masih berusia bayi memang cenderung akan lebih hiperaktif, dimana mereka akan selalu ingin bergerak kesana kemari.

Saat bayi kamu bertindak seperti ini, maka kamu harus mendukungnya. Biarkan ia bergerak bebas seperti yang diinginkannya, tapi sebagai orang tua kamu juga harus terus memantaunya ya.

Semakin anak sering merangkak atau merambat di rumah anda maka kemampuan untuk berjalannya akan semakin bagus. Kebiasaan aktif ini akan membuat anak anda cepat untuk berjalan.

3. Memanfaatkan Mainan

Cara lain untuk merangsang anak agar cepat berjalan adalah mengiming-iminginya dengan mainan kesukaannya.

Kamu bisa meletakkan mainan favorit Si Kecil dalam jarak tertentu, tapi jangan terlalu jauh dulu ya bunda.

Lalu biarkan ia berusaha berjalan untuk meraihnya, walau sambil berpegangan dengan benda-benda di sekelilingnya.

Bila kondisi lingkungan sekitar dalam kondisi aman untuk si kecil, cobalah biarkan Si Kecil untuk berjalan di lantai yang memiliki permukaan yang kurang rata.

Seperti pada halaman, karpet dan lain-lain, cara ini akan menguatkan otot-otot kaki dan tungkai anak. Semakin kuat otot kaki, maka anak akan lebih cepat berjalan.

4. Hindari Terlalu Sering Menggendong Anak 

Hal yang harus kamu hindari untuk mendukung anak agar lebih cepat berjalan adalah jangan terlalu sering menggendong anak.

Para orang tua sebaiknya memberikan waktu pada anak untuk belajar berjalan sendiri. Hal ini karena, apabila anak selalu digendong maka otot-otot pada kaki tidak akan terlatih dengan baik.

Oleh sebab itu, para orang tua memberikan kebebasan untuk bayi dalam bereksplorasi. Selain itu, anda juga bisa sesekali memanfaatkan baby walker.

Baby walker sendiri merupakan salah satu alat yang bisa membantu anak anda agar bisa berjalan dengan cepat.

Namun,sebaiknya para orang tua tidak terlalu sering untuk menggunakan baby walker tersebut, karena penggunaan baby walker tanpa pengawasan yang penuh bisa membuat bayi mengalami cedera.

5. Sering Mengajak Bayi Untuk Latihan Bersama Teman Sebaya

Cara bayi cepat jalan berikutnya adalah dengan mengajak bayi untuk melakukan latihan bersama dengan teman-teman sebaya mereka.

Dengan mengajak bayi bermain bersama teman sebaya, maka secara tidak langsung akan memberikan dorongan semangat bagi anak untuk lebih giat belajar berjalan.

Si bayi akan mencoba meniru apa yang dilakukan oleh temannya tersebut. Selain itu, orang tua juga bisa sekalian mengajak si kecil untuk berjalan mengelilingi area kompleks untuk melihat suasana yang baru.

Sehingga ini dapat menjadi cara alternatif yang terbaik, agar anak anda tidak bosan dan jenuh untuk latihan berjalan di dalam rumah saja.

Demikianlah beberapa cara mudah untuk melatih bayi agar cepat jalan. Jangan lupa juga, selalu memberikan dukungan semangat untuk anak dan selalu memberikan pengawasan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

 

 

 

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan

Makna Lagu Cicak-Cicak di Dinding

Rekomendasi Dongeng Anak