5 Ikan Terbesar di Dunia, Salah Satunya Penguasa Lautan?

Bumi memiliki wilayah perairan yang lebih luas di bandingkan dengan daratan. Wilayah perairan yang dimaksud, lebih banyak mengarah pada hamparan laut.

Maka tidak heran, bila laut dapat menjadi habitat hidup beberapa makhluk yang berukuran raksasa. Bahkan ukuran tubuhnya jauh lebih besar dari pada makhluk terbesar di darat.

Penasaran apa saja makhluk yang termasuk? Serta makhluk laut apa yang paling besar? Mari cari tahu jawabanya pada artikel di bawah ini.

1. Megalondon

Megalondon

Apakah kalian salah satu pecinta film Hollywood? Film ini sering menayangkan cerita menegangkan mengenai petualangan.

Begitu banyak film berisi cerita tentang keganasan hiu, salah satunya adalah hiu raksasa yang bernama megalondon ini.

Banyak pendapat mengatakan bahwa jenis hiu yang satu ini sudah punah sejak lama. Namun ada juga beberapa orang percaya, bahwa hiu ini masih hidup di kedalaman laut yang sangat dalam dan tidak bisa di jangkau manusia lagi.

Diperkirakan, ikan terbesar di dunia bisa tumbuh hingga memiliki panjang 15 hingga 25 meter dengan berat dapat mencapai 30 sampai 65 ton.

2. Hiu Paus (Whale Shark)

Hiu Paus

Hiu paus, Rhincodon typus, bukanlah jenis hiu yang ganas. Makanan utama dari hiu paus ini adalah plankton dan ikan kecil.

Hiu Paus (Whale Shark) memiliki nama ilmiah Rhincodon typus, dan termasuk kedalam golongan ikan terbesar di dunia dengan panjang tubuh dapat mencapai 5,5 sampai 10 meter, dengan berat 20,5 ton.

Oleh sebab itu, ia termasuk jenis ikan hiu yang jinak. Karena ia bukan pemakan manusia, walaupun pada faktanya ikan yang satu ini memiliki jumlah gigi yang banyak yakni sekitar 3000.

3. Ikan Pari Manta Ray

Ikan Pari Manta Ray

Ikan pari manta (Manta birostris) adalah salah satu spesies ikan terbesardi dunia, yang memiliki lebar tubuhnya mencapai hampir 6-9 meter dengan berat bisa mencapai 3 ton.

Pari manta termasuk jenis ikan sturgeon atau ikan yang menghabiskan banyak waktu hidupnya berada dilaut dalam dan mampu hidup selama berates-ratus tahun.

Ikan ini tidak berbahaya, sehingga sosoknya selalu dicari oleh para pehobi scuba diving, untuk dinikmati atau bahkan diabadikan keindahannya.

4. Ikan Mola atau Ikan Matahari

Ikan Mola

Ikan mola memiliki bentuk seperti peluru, ini disebabkan karena sirip belakangnya yang tidak pernah berkembang.

Seiring bertambahnya usia ikan, sirip tersebut justru melipat dan membentuk bagian bulat bernama clavus.

Ikan ini termasuk jenis ikan purba, yang kini keberadaannya sudah langka. Maka, ikan ini sudah termasuk spesies yang dilindungi oleh dunia.

Diameter panjang ikan ini bisa mencapai sekitar 3 meter lebih dengan berat tubuh sekitar 2,5 ton. Oleh sebab itu, ia termasuk ikan terbesar di dunia. Beratnya sudah sama dengan gajah ya teman!

5. Paus Biru

Paus Biru

Paus biru adalah mamalia laut terbesar di dunia. Ikan yang memiliki nama latin balaenoptera, tidak termasuk hewan yang buas.

Ikan ini termasuk ikan terbesar di dunia, karena bobotnya mampu mencapai panjang sekitar 35 meter dengan berat tubuh mencapai 130 ton.

Makanan utama ikan ini adalah zooplankton, ikan ini mampu memakannya hingga mencapai 6,6 ton zooplankton per harinya.

Sebenarnya paus ini tergolong sebagai lumba-lumba. Namun ukurannya yang besar, maka banyak yang menyebutnya sebagai paus.

Spesies ikan ini biasa ditemukan di seluruh samudera, dari kawasan dingin seperti Arktik dan Antarktika hingga kawasan bersuhu hangat.

Nah itulah beberapa ikan terbesar di dunia yang ukurannya lebih besar dari pada hewan darat terbesar yakni gajah.

Paling menariknya, rata-rata hewan tersebut bukan hewan yang ganas. Namun sayang, diantaranya sudah terancam punah, sehingga saat ini susah untuk kita jumpai.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan

Makna Lagu Cicak-Cicak di Dinding

Rekomendasi Dongeng Anak