5 Cara Mudah Untuk Mengatasi Anak yang Rewel dan Cengeng

Rewel dan Cengeng

Masa anak-anak atau pun bayi selalu melekat dengan 2 sifat yang sering membuat orang tua, atau ibu khususnya menjadi jengkel. Kedua sifat itu adalah rewel dan cengeng.

Banyak orang yang berfikir, bahwa kedua sifat ini adalah sama. Sebenarnya kedua sifat ini berbeda, tapi sering terjadi secara bersamaan.

Menurut KBBI, rewel berarti kondisi anak yang banyak bicara, sangat suka membantah, tidak mudah menurut, dan terkadang disertai dengan banyaknya permintaan yang aneh.

Sedangkan cengeng merupakan kondisi anak yang sangat mudah untuk mengeluarkan air mata atau dalam kata lain sangat mudah menangis, walau hanya karena penyebab yang sepele.

Pada umumnya, anak rewel atau pun cengeng bukan karena tanpa sebab. Dibalik tingkah mereka itu terdapat suatu alasan, bisa karena mereka merasa tidak nyaman, lapar atau bahkan gejala penyakit tertentu.

Walaupun demikian, banyak orang tua menjadi emosi atau bahkan ada juga yang panik ketika anaknya menjadi rewel dan cengeng.

Oleh sebab itu, pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai cara mudah untuk mengatasi anak yang rewel dan cengeng. Simak informasinya dibawah ini ya bunda!

1. Sabar Saat Menenangkan Anak

Sabar Saat Menenangkan Anak

Biasanya, anak-anak yang rewel dan cengeng sangat sulit untuk dilarang dan dinasihati. Terkadang mereka malah terus menangis sampai membuat orangtuanya kebingungan.

Disaat seperti inilah,kesabaran orangtua akan benar-benar teruji. Apalagi jika anak rewel disaat orangtuanya baru pulang beraktivitas dan dalam kondisi yang capek.

Tapi jika hal itu terjadi pada anak Anda, maka usahakan atau pastikan kamu tidak memarahinya. Karena hasil dari amarah itu tidak akan membawa hasil yang baik, bahkan malah membuat anak menjadi nakal.

Jika anak sudah lumayan besar, maka kamu bisa memberinya nasihat dengan tenang. Serta usahakan untuk menarik nafas panjang terlebih dahulu sebelum berkata, sehingga emosi bisa diredam.

2. Memberikan Perhatian Penuh atau Sebuah Pelukan Kasih Sayang

Pelukan Kasih Sayang

Dari pada memarahi anak, alangkah lebih baiknya jika kamu memberinya sebuah pelukan kasih sayang guna menenangkannya.

Selain itu, jangan lupa pula untuk memberikan perhatian secara penuh kepada si buah hati.Jika sedang berada di tempat umum, maka berhentilah melakukan aktivitas.

Cobalah untuk mencari tempat sepi untuk menenangkan anak. Buatlah dia menyadari bahwa saat itu orang tuanya fokus hanya memperhatikan dia.

Kemudian ajak ia untuk berkomunikasi, usahakan menggunakan nada yang lembut untuk menenangkannya. Setelah itu, barulah bisa ajak anak kembali melakukan aktivitas lagi

Cara ini harus dilakukan karena terkadang anak akan rewel disaat ia merasa cemburu atau pun kurangnya perhatian untuknya.

Maka anak akan rewel dan cengeng bisa jadi karena hanya ingin mencari perhatian kepada ibu dan ayahnya. Oleh sebab itu orang tua harus peka dan memberikannya pemahaman dengan cara yang baik.

3. Cari Tahu Penyebab Anak Menjadi Rewel dan Cengeng

Cari Tahu Penyebab Anak Menjadi Rewel dan Cengeng

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pasti ada penyebab yang membuat anak menjadi cengeng dan rewel.

Pada masa bayi atau pun balita yang belum lancar berbicara, sikap ini sering ditunjukkan bayi sebagai pertanda ia ingin menyampaikan keinginannya.

Bisa dikarenakan ia merasa tidak nyaman, lapar, haus, meminta sesuatu, atau hanya sekadar mencari perhatian dari orangtua.

4. Mengalihkan Perhatian Anak

Mengalihkan Perhatian Anak

Saat anak tidak mau berhenti menangis dan semakin rewel, cobalah untuk mengalihkannya dengan hal-hal lain yang dapat mengalihkan perhatiannya.

Menurut medis, sebenarnya tidak ada masalah jika membiarkan anak menangis beberapa saat untuk meluapkan emosi.

Saat anak terus menangis, kamu bisa mengalihkan perhatiannya dengan membelikan mainan atau mengajaknya ke tempat baru dengan suasana yang menyenangkan guna untuk menghiburnya.

5. Berusaha Menciptakan Suasana yang Menyenangkan

Berusaha Menciptakan Suasana yang Menyenangkan

Jika anak rewel atau pun cengeng, kamu bisa berusaha untuk menciptakan suasana yang menyenangkan untuk membuat ia berhenti menangis.

Karena pada umumnya, pikiran anak akan mudah dialihkan dengan hal-hal yang menyenangkan. Seperti dengan mengajak anak bernyanyi atau bermain bersama.

Tujuannya, agar anak lupa akan masalahnya atau karena ketidak nyamanan yang dirasakannya. Selain itu si kecil akan merasa bahwa orangtuanya peduli dan sangat menyayanginya.

Demikianlah informasi mengenai cara mudah untuk mengatasi anak yang rewel dan cengeng yang dapat kamu jadikan edukasi baru dan dapat dicoba.

Jika anak rewel dan cengeng karena disebabkan gejala penyakit tertentu, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mencari tahu penyebabnya.

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan

Makna Lagu Cicak-Cicak di Dinding

Rekomendasi Dongeng Anak