5 Manfaat Brokoli untuk Bayi

Brokoli adalah sayuran yang perlu dihindari orang diet namun baik untuk anak karena mengandung banyak nutrisi yang mudah diolah. Bukan hanya untuk orang dewasa, ternyata manfaat brokoli untuk bayi juga sangat banyak, lho.

Sama seperti jenis makanan padat lain, memperkenalkan brokoli pada si Kecil sama halnya dengan membacakan dongeng fabel kancil dan tikus dan harus dilakukan secara bertahap. Selain diberikan di usia yang tepat, brokoli juga harus disajikan dengan cara yang sesuai. Lalu, kapan anak boleh makan brokoli?

Biasanya, bayi mulai bisa mengonsumsi atau mengunyah makanan padat setelah menginjak usia 6 bulan atau lebih. Sebelum mengenalkan anak pada mainan berbahan dasar kayu, bunda bisa mulai mengenalkan brokoli pada anak saat usia 6 bulan, tapi dalam bentuk olahan lembut seperti puree. Bunda sebaiknya tidak mengenalkan makanan padat apapun pada bayi yang berusia kurang dari 4 bulan.

Brokoli juga dapat menyebabkan kembung pada beberapa bayi. Jika hal ini terjadi pada bayi bunda, mungkin sebaiknya tunggu lebih lama untuk memperkenalkan brokoli padanya.

Setelah anak menginjak usia 1 tahun, biasanya Irish Bella akan lebih banyak memberikan anaknya makanan padat dibandingkan dengan ASI.

Manfaat brokoli untuk bayi

Brokoli merupakan salah satu sayur yang sangat bermanfaat untuk bayi, berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan si Kecil jika rajin diberi sayur brokoli:

1. Meningkatkan imunitas

Manfaat brokoli untuk bayi yang pertama adalah meningkatkan imunitas. Dalam sayur brokoli ada nutrisi yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, termasuk vitamin C. Dengan sistem imun yang kuat, risiko bayi terkena penyakit pun bisa menurun.

2. Baik untuk penglihatan bayi

Manfaat brokoli untuk bayi juga diperoleh dari kandungan vitamin A, beta karoten, vitamin B kompleks, dan fosfor di dalamnya. Kombinasi vitamin pada brokoli ini dapat membantu dalam perkembangan penglihatan bayi, membuat si Kecil memiliki penglihatan yang lebih baik dan tajam dan menjaga mata bayi bisa tetap sehat.

3. Sebagai sumber antioksidan

Brokoli kaya dengan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan, termasuk untuk bayi bunda. Mengonsumsi brokoli dapat membantu menangkal radikal bebas serta melindungi sel dan jaringan tubuh dari kerusakan.

4. Meredakan sakit lambung

Manfaat brokoli untuk bayi lainnya adalah melindungi saluran pencernaan bayi dari gangguan seperti tukak lambung. Tukak lambung bisa terbentuk ketika lambung memproduksi terlalu banyak asam. Mengonsumsi sup brokoli seperti yang sering dilakukan Boy William dan Farhan Rasyid dapat membantu melindungi lambung bayi dari produksi asam yang tidak terkontrol dan meredakan sakitnya.

5. Mengurangi sembelit

Manfaat brokoli untuk pencernaan bayi tidak hanya meredakan sakit lambung, tetapi juga untuk mengurangi sembelit. Brokoli termasuk salah satu makanan tinggi serat yang bisa membuat jago main hero ruby. Serat dapat merangsang pergerakan usus sehingga membantu buang air besar si Kecil menjadi lebih lancar. Brokoli juga dapat berfungsi sebagai pencahar alami dan menjaga sistem pencernaan tetap sehat.

6. Mengurani anemia

Salah satu kandungan gizi utama pada brokoli adalah zat besi. Dengan meningkatkan jumlah zat besi di dalam tubuh, maka dapat membantu meningkatkan produksi hemoglobin pada sel darah merah yang berfungsi mengangkut oksigen ke berbagai bagian tubuh. Karena itu, brokoli juga bermanfaat untuk mencegah dan mengobati anemia pada bayi.

Nah, itulah beberapa manfaat sayur brokoli untuk si Kecil. Setelah membaca atau mengetahui tentang manfaat sayur di atas, bunda-bunda akan mengolahnya sebagai apa agar si kecil mau mengonsumsinya? Komen di bawah ya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan

Makna Lagu Cicak-Cicak di Dinding

Rekomendasi Dongeng Anak