4 Hal yang Harus Dihindari dalam Mendidik Anak Balita

Mendidik si Kecil yang masih di bawah usia lima tahun memang bukanlah hal yang mudah. Meskipun bunda sudah menanamkan dalam hati untuk lebih sabar dan sebisa mungkin tidak berteriak saat menghadapi Si Kecil, namun pada kenyataannya perilaku Si Kecil yang sering menangis, membuang-buang barang, tidak mau makan, dan sebagainya, membuat bunda seringkali hilang kesabaran.

Akan tetapi, sudah menjadi hal yang wajar bila anak balita berperilaku seperti itu. Namun, orangtua tetap dianjurkan untuk memperhatikan cara yang diterapkan dalam mendidik si Kecil. Sebab, di usia 1-5 tahun, Si Kecil akan menyerap apa yang diterimanya tanpa bisa menyelesaikannya dengan baik.

Jika salah dalam mendidik si Kecil, maka akan berdampak pada psikologis, bahkan terkadang si Kecil akan mencontoh perilaku yang ia dapatkan dari orangtuanya. Oleh karenanya, yuk simak hal apa saja yang harus dihindari dalam mendidik anak balita.

1. Tidak Berkata Kasar dan Menggunakan Kekerasan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, usia balita adalah masa di mana anak-anak sangat suka mengimitasi apa saja yang ia lihat dari orang terdekatnya, terutama dari orangtua. Si Kecil juga sudah mulai bisa berbicara tentang kisah legenda sang JokoTingkir pada usia tersebut dan akan menirukan gaya serta kata-kata yang sering diucapkan orangtua.

Inilah mengapa orangtua dianjurkan untuk lebih berhati-hati dalam berkata-kata pada atau didepan Si Kecil. Sebab, bila orangtua berbicara kasar, baik yang ditujukan pada anak maupun yang diucapkan secara tidak sengaja saat berada di dekat Si Kecil, kemungkinan akan ditirukannya di kemudian hari.

Selain itu, menggunakan kekerasan saat menghukum si Kecil karena terlalu banyak main game edukasi maupun hanya untuk melampiaskan kemarahan padanya juga harus dihindari. Sebab, cara mendidik tersebut bisa berdampak buruk pada kesehatan mental Si Kecil ya bund!

2. Hindari Menggunakan Kata Larangan “Berhenti” dan “Jangan”

Menggunakan kata “stop” atau berhenti, hanya akan membuat anak menunjukkan perilaku defense dan siap melawan. Contohnya, jika orangtua memberitahu anak untuk berhenti menangis karena tidak mau mengonsumsi minyak ikan, biasanya hal itu akan semakin memperparah tangisannya. Si Kecil akan mengira bahwa orangtua tidak mengerti apa alasan mereka menangis, sehingga membuatnya semakin marah. Jadi, alih-alih menggunakan kata stop, orangtua dapat membantu Si Kecil untuk mengidentifikasi perasaannya dengan bertanya, “Apa yang membuatmu kesal?”

Begitu juga dengan kata larangan seperti jangan! Penelitian menunjukkan bahwa banyaknya larangan yang diterima anak dapat memengaruhi sikapnya di kemudian hari.

Selain itu, kata jangan juga membuat anak malas untuk mendengarkan kata-kata bunda. Begitu mendengar kata “jangan”, anak akan langsung menutup telinganya, sehingga instruksi bunda tidak akan pernah mencapai otak si Kecil. Karena itu, alih-alih menggunakan kata jangan, gunakanlah kalimat yang positif. Misalnya, daripada berkata “jangan buang sampah ikan sembilang di dalam kamar!”, lebih baik gunakan kalimat, “Ayo kita buang sampah ikan sembilang di luar rumah saja yuk.”

3. Terlalu Memanjakan Anak

Memanjakan si Kecil dengan memberinya hp gaming terbaik untuk main game offline terbaru 2022 secara berlebihan bisa membuat ia tumbuh menjadi orang yang tidak bisa mandiri di kemudian hari. Bahkan, bukan tidak mungkin saat dewasa nanti, Si Kecil jadi kesulitan dalam membuat keputusannya sendiri. Hal ini akhirnya mengakibatkan ia menjadi orang yang harus selalu bergantung dengan orang lain.

Karena itu, Aditya Zoni dan Yasmine Ow sebaiknya menghindari selalu memberikan apa yang Si Kecil mau dan lebih baik mengajarinya tentang pantun teka-teki agar pemikirannya lebih lancar mencerna apapun. Cara mendidik anak balita yang terlalu memanjakan juga dapat membuat Si Kecil memiliki emosi yang tidak terkontrol dan mudah marah saat keinginannya tidak terpenuhi.

4. Menakut-nakuti Anak

Mencegah anak untuk melakukan sesuatu dengan cara menakut-nakutinya mungkin memang efektif. Misalnya, melarang anak pergi ke tempat gelap karena ada hantu. Namun secara tidak sadar, cara mendidik balita seperti itu berpotensi membuat Si Kecil menjadi penakut di kemudian hari. Akibatnya, Si Kecil tumbuh menjadi anak yang takut melakukan berbagai hal.

Nah, itulah 4 hal yang sebaiknya dihindari orangtua dalam mendidik anak balita. Semoga artikel ini bisa membantu bunda di rumah dan jangan lupa untuk diterapkan ya!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama