9 Ciri Tumbuh Gigi pada Anak Sehat


ANAKZONE
- Tumbuh gigi adalah peristiwa ketika akar gigi mendorong ujung pada atas gigi sehingga keluar dari gusi atau teething (pertumbuhan gigi).

Pada umumnya gigi pertama anak mulai muncul pada saat usia 6 hingga 9 bulan. Ada pula anak yang gigi pertamanya muncul lebih cepat, yaitu saat ia berusia 3 hingga 4 bulan. Sebagian anak mungkin ada yang lebih lama misalnya baru tumbuh di atas umur 12 bulan.

Pada usia 6 hingga 10 bulan, yang pertama muncul yaitu 2 gigi seri tengah bawah dan kemudian diseratai 2 gigi seri di tengah pada rahang atas. Kemudian tumbuh 2 gigi seri samping di bagian rahang atas dan rahang bawah pada usia 10 hingga 16 bulan.

Dan gigi geraham belakang pertama di bagian atas dan bagian bawah pada umur 13 hingga 19 bulan, selanjutnya muncul gigi taring atas dan bawah di umur 16 hingga 22 bulan. Dan yang terakhir tumbuh adalah gigi geraham kedua di atas dan bawah pada usia 23 hingga 31 bulan.

Tumbuhnya setiap gigi butuh waktu sekitar 8 hari, termasuk 4 hari sebelum dan 3 hari setelah gigi melewati gusi. Di negara Indonesia, kebanyakan gigi anak umumnya akan lengkap pada saat ia menginjak usia 36 bulan sampai 40 bulan dengan jumlah gigi sebanyak 20 buah, yaitu 10 buah di rahang atas dan 10 buah di rahang bawah.

Saat gigi anak belum juga tumbuh ketika ia sudah berusia 12 bulan, jangan khawatir karena proses tumbuh gigi setiap anak dapat berbeda-beda, sehingga tidak bisa disamaratakan dalam proses pertumbuhan giginya dan jangan lupa senantiasa menjaga kesehatan mental anak. Berikut ciri-cirinya.

1. Berliur Banyak (Meng-ences)

Saat tumbuh gigi mulut anak mehasilkan air liur yang lebih banyak dari biasanya. itu bertujuan untuk mengenangi gusi yang sedang sakit.

2. Membengkaknya gusi

Apabila anak sedang tumbuh gigi biasanya gusinya akan kelihatan membengkak dan kemerahan. Gusi membengkak dan kemerahan merupakan bagian dari proses pertumbuhan gigi yang umum terjadi.

3. Rewel dan Menangis

Rewel dan menangis merupakan salah satu cara anak mengeluhkan rasa sakitnya karena proses pertumbuhan giginya.

4. Muntah dan Batuk

Banyak air liur dari mulut bisa membuat anak tersedak-sendak dan berusaha menelan. Itu biasanya yang membuat anak batuk-batuk atau muntah saat giginya mulai tumbuh.

5. Sangat Senang Menggigit

Akibat tekanan dari gusi yang dirasakan anak lebih sering menggigit benda-benda di sekitarnya suatu tanda anak akan tumbuh gigi dan untuk mengurangi rasa sakit. Anak akan mencari apa pun untuk digigit atau dikunyah.

6. Memasukkan Jari ke dalam Mulut

Bukan hanya menggigit benda, anak juga sering memasukkan tangan atau benda yang ada di sekitarnya ke dalam mulut. Untuk  meredakan rasa tidak nyaman atau gatal yang muncul saat gigi tumbuh. Ini juga diakui Nagita, istri Raffi Ahmad mengalami hal yang sama pada Rayyanza anaknya.  

7. Sulit Tidur Malam Hari

Anak yang tumbuh gigi cenderung menjadi lebih rewel atau sulit tidur di malam hari. Ini disebakan  rasa nyeri yang ditimbulkan pada gusi. Karena pertumbuhan gigi anak lebih aktif pada malam hari.

8. Sukar makan

Karena gusi yang sedang bengkak, anak menolak makan atau menyusu. Ini pun merupakan ciri-ciri anak tumbuh gigi. Dikarenakan mulut anak yang tidak nyaman akibat peradangan gusi sehingga anak jadi sulit makan.

9. Mengalami Demam

Demam juga terkadang muncul pada orang dewasa ketika sakit gigi maka diperlukan cara mengobati gigi di rumah agar tetap bisa menjaga anak tanpa harus keluar dari rumah.

Demam sudah menjadi salah satu ciri-ciri anak tumbuh gigi yang paling sering dialami. Ini karena pada prosesnya, gigi yang muncul ke atas gusi akan mengahasilkan peradangan. Tapi ada juga beberapa anak yang tidak bergejala ini ketika tumbuh gigi.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama