Cara agar Anak Mau Belajar dengan Semangat dan Rajin

 


Terdapat berbagai cara agar anak mau belajar yang bisa Anda coba, mulai dari memberikannya hadiah hingga membuat suasana pembelajaran menjadi menyenangkan.

Apakah anak malas belajar? Jika demikian, jangan langsung menghakimi apalagi menganggapnya sebagai pemalas. Sebab, sifat malas dapat dihilangkan dan ada banyak cara agar anak mau belajar yang bisa dicoba di rumah.

Untuk menumbuhkan niat dan tekad anak supaya tidak malas, kenali lebih lanjut berbagai cara membuat anak pintar dan rajin belajar berikut ini.

Cara Agar Anak Mau Belajar Tanpa Paksaan

Sebagai orangtua, tentu kita berharap agar anak rajin belajar supaya bisa berprestasi di sekolah. Akan tetapi, kadang keinginan orangtua ini dapat menjadi tekanan bagi si kecil sehingga membuatnya malas dan tidak mau belajar.

Lalu, apa yang harus orangtua lakukan agar anak menjadi rajin belajar tanpa paksaan? Temukan jawabannya di bawah ini.

1. Memberikannya hadiah

Memberikan hadiah adalah salah satu cara agar anak mau belajar yang patut dicoba. Hadiah tidak melulu harus berbentuk materi. Pujian, dukungan, dan kasih sayang pun dapat menjadi hadiah yang berharga dan bisa memotivasi anak untuk rajin belajar.

Jika Anda ingin memberikan hadiah berupa materi, lakukanlah. Namun, cara mengatasi anak susah belajar ini tidak bisa dilakukan dalam jangka panjang karena bisa membuatnya hanya mau belajar jika diberikan hadiah.

Maka dari itu, orangtua disarankan untuk lebih bijaksana lagi dalam memilih hadiah yang diberikan kepada anak supaya memotivasinya dalam belajar.

2. Jadikan momen belajar menjadi menyenangkan

Masih suka marah-marah dan meluapkan emosi Anda saat menemani anak belajar? Cobalah hilangkan kebiasaan ini. Situasi tersebut dapat membuat anak menjadi malas belajar. Sebaliknya, berusahalah untuk membuat momen belajar bersama anak menjadi menyenangkan. Bersabarlah dalam menghadapi anak yang sedang belajar.

Gunakan lagu atau media lain seperti video atau buku bergambar saat menemani si kecil belajar. Cara mengatasi anak malas belajar di usia dini ini dapat membuatnya betah duduk di kursi untuk belajar.

3. Jangan pelit pujian

Cara membuat anak pintar dan rajin belajar yang patut dicoba adalah sering memberikan pujian saat sedang belajar, bahkan saat anak tidak menjawab pertanyaan dengan benar. Pujian diberikan bukan saat anak menjawab pertanyaan dengan benar, tapi saat ia mau berusaha untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Cara agar anak mau belajar ini dapat membuatnya termotivasi dan lebih percaya diri dalam belajar sehingga tidak ada rasa malas pada benaknya.

4. Minta anak untuk bertanya dan lebih aktif dalam belajar

Terkadang, rasa malas belajar bisa datang saat anak hanya mendengarkan saja, tanpa beropini atau bertanya apa pun. Maka dari itu, orangtua disarankan dapat menyemangati anak untuk rajin bertanya saat sedang belajar. Cara agar rajin belajar ini dapat meningkatkan rasa ingin tahu anak. Lebih jauh lagi, rasa ingin tahu atau penasaran yang tinggi bisa memicu motivasi anak untuk belajar.

5. Jadikan membaca sebagai kebiasaan di rumah

Agar anak lebih tertarik dalam membaca dan belajar, orangtua disarankan untuk menjadikan membaca sebagai kebiasaan di rumah. Tidak perlu buku pelajaran, buku-buku cerita bergambar juga boleh dibaca oleh si kecil. Tips agar anak mau belajar ini dapat meningkatkan imajinasi dan membuatnya menjadi gemar membaca.

Nantinya, tidak hanya buku bergambar saja yang dapat mereka senangi, tapi juga buku-buku pelajaran yang diberikan oleh gurunya di sekolah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan

Makna Lagu Cicak-Cicak di Dinding

Rekomendasi Dongeng Anak