Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan Anak, Bunda Wajib Tahu!

 


Selain kerap dijadikan sebagai bahan pewarna makanan alami, buah bit juga diyakini mampu memberikan berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan. Hal ini karena buah bit diperkaya oleh kandungan nutrisi, seperti serat, vitamin, hingga mineral.

Selain itu, buah bit juga mengandung senyawa bioaktif betalains yang berperan sebagai antioksidan. Oleh karena hal tersebut, membuat buah yang satu ini kerap dianggap sebagai salah satu makanan sehat yang baik dikonsumsi.

Berbagai manfaat tersebut tidak hanya baik untuk kesehatan orang dewasa, tetapi juga baik untuk anak-anak. Ingin tahu apa saja manfaat buah berwarna merah keunguan ini untuk kesehatan anak? Temukan jawabannya disini!

Manfaat Buah Bit untuk Anak

1. Mencerdaskan Otak

Dalam masa pertumbuhan anak, otak menjadi salah satu organ yang memegang peranan penting. Pasalnya, banyak informasi yang masuk sehingga kecepatan otak anak dalam mengolah informasi haruslah baik.

Nah, kandungan zat besi yang terdapat dalam buah bit dipercaya dapat membantu menutrisi syaraf. Hal ini akan membuat anak mampu bertingkah sehat tanpa hiperaktif.

2. Mengurangi Risiko Anemia

Anemia tidak hanya bisa terjadi pada orang dewasa saja, kondisi ini juga dapat terjadi pada anak-anak. Sebagai cara alternatif mencegah terjadinya anemia pada sang buah hati, bunda bisa rutin memberikan buah bit pada sang buah hati. Hal ini karena kandungan zat besi yang terkandung dalam buah bit mampu memproduksi sel darah merah.  

3. Baik untuk Pencernaan

Buah bit merupakan buah dengan kandungan serat dan vitamin C yang cukup tinggi. Hal ini tentu baik untuk pencernaan anak agar terhindar dari sembelit dan diare.

4. Penangkal Radikal Bebas

Radikal bebas merupakan sebutan untuk sel-sel rusak yang dapat menyebabkan kondisi negatif tertentu, seperti kanker, penyakit jantung, hingga kerusakan pada paru-paru. Melansir dari Huntington’s Outreach Project For Education Stanford University, radikal bebas dapat terpapar lewat makanan, minuman, asap rokok, hingga polusi udara.

Nah, untuk menetralisir radikal bebas yang terdapat dalam tubuh, dibutuhkan sebuah senyawa yang disebut dengan antioksidan. Antioksidan dipercaya berfungsi sebagai penangkal racun dalam tubuh, baik pada orang dewasa maupun anak-anak.

Jika bunda sedang mencari buah dengan kandungan antioksidan yang tinggi untuk sang buah hati, maka buah bit rekomendasi yang tepat.

5. Menstabilkan Tekanan Darah

Tahukah bunda ternyata darah tinggi tidak hanya bisa terserang pada  orang dewasa, melainkan pada anak-anak juga. Melansir dari Mayo Clinic, darah tinggi pada anak dapat dipicu oleh beberapa sebab, yakni adanya kelainan jantung, bawaan genetik, kelainan hormon, dan obesitas.

Nah, manfaat buah bit untuk anak yang selanjutnya adalah menstabilkan tekanan darah. Manfaat ini diperoleh dari kandungan potasium yang terdapat pada buah bit.

Untuk mengakali rasa buah bit yang tidak ramah di lidah, bunda bisa mencoba untuk mengolah buah yang satu ini menjadi berbagai hidangan yang lezat.

Yuk intip resep olahan buah bit jadi cemilan enak, sehat, dan mudah dibuat yang bisa bunda coba di rumah. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan

Makna Lagu Cicak-Cicak di Dinding

Rekomendasi Dongeng Anak