Bunda Wajib Tahu, Ini Penyebab Anak Tidak Mau Minum Susu

 


Susu menjadi salah satu sumber nutrisi yang mampu mendukung tumbuh kembang sang buah hati. Tak hanya kaya protein, susu anak juga mengandung kalsium, vitamin D, vitamin A, dan zinc. Namun sayangnya, ada kalanya anak tidak mau minum susu.

Hal ini tentu membuat orang tua merasa khawatir dan takut jika kebutuhan nutrisi sang buah hati menjadi tidak tercukupi. Lantas, apa saja penyebab anak tidak mau minum susu? Temukan jawabannya disini!

Penyebab Anak Tidak Mau Minum Susu

1. Alat Bantu Tidak Sesuai

Terdapat beberapa jenis wadah pemberian susu yang dapat bunda gunakan ketika hendak memberikan susu formula kepada sang buah hati. Diantaranya, sippy cup, atau dot. Nah, sering sekali wadah pemberian susu yang digunakan tidak cocok, sehingga membuat anak menjadi tidak mau minum susu.

Bila bunda memberikan sang buah hati susu dengan menggunakan dot, maka kondisi karet dot juga kerap mempengaruhi anak saat mengisap susu. Lubang karet dot yang terlalu besar atau terlalu kecil bisa menjadi alasan mengapa sang buah hati menolak untuk minum susu.

2. Gangguan Kesehatan pada Rongga Mulut

Penyebab anak tidak mau minum susu yang kedua yakni adanya gangguan kesehatan pada rongga mulut, seperti sariawan, dan masalah pada rongga mulut lainnya yang dapat membuat anak merasa tidak nyaman untuk menyusu. Akibatnya, anak akan menolak jika diberikan susu.

3. Infeksi Saluran Pernapasan

Anak yang sedang sakit, misalnya mengalami infeksi saluran pernapasan, infeksi telinga, atau radang tenggorokan juga bisa menjadi alasan mengapa sang buah hati menolak ketika minum susu. Umumnya, saat anak tengah mengalami infeksi tersebut, tubuh anak akan lebih lemas. Sehingga anak akan enggan untuk minum susu.

4. Infeksi Saluran Pencernaan

Infeksi pencernaan yang ditandai dengan diare, sakit perut, mual, muntah, perut begah, dan kembung juga dapat menjadi pemicu anak tidak mau minum susu.

5. Rasa Susu Tidak Cocok

Faktor penyebab anak tidak mau minum susu yang selanjutnya yakni kondisi susu itu sendiri, seperti, suhu yang terlalu panas. Pasalnya, ada beberapa anak yang lebih menyukai susu dengan suhu biasa, namun ada pula anak yang lebih suka susu dengan suhu yang hangat.

Selain itu, perhatikan pula tanggal kadaluarsa susu, hingga aroma yang dikeluarkan. Pasalnya, aroma tengik yang dikeluarkan dari susu juga bisa menjadi faktor mengapa anak enggan untuk minum susu.

6. Suasana Minum Susu

Suasana saat tengah minum susu juga bisa menjadi faktor penyebab anak enggan untuk minum susu. Pasalnya, anak yang tengah asik bermain akan menolak minum susu. Oleh karena itu, bunda bisa mencoba untuk memberikan susu di waktu yang lebih tepat dan ketika anak sedang tidak banyak melakukan aktivitas.

7. Tidak Tertarik dengan Susu

Anak yang telah merasa kenyang setelah mengonsumsi makanan padat juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab mengapa sang buah hati tidak mau minum susu. Salah satu solusi yang dilakukan untuk kondisi ini adalah memberikan jeda waktu antara makanan utama dengan minum susu.

Yuk, kenali faktor penyabab anak tidak mau minum susu dengan benar dan atasi sesuai dengan penyebabnya. Jika sang buah hati masih juga tidak mau minum susu, bunda jangan sungkan untuk memeriksakan sang buah hati ke dokter.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan

Makna Lagu Cicak-Cicak di Dinding

Rekomendasi Dongeng Anak