Penyakit Kulit Pada Bayi yang Sering Dijumpai, dan Cara Mengatasinya

 


Ada beragam penyakit kulit pada bayi yang umum terjadi dan sering dijumpai. Maka, ada baiknya jika pang tua mengenali kondisi tersebut. Hal ini karena kulit bayi masih sangat sensitif dan rentan untuk mengalami gangguan.

So, apa saja penyakit kulit pada bayi yang umum terjadi? Bagaimana cara mengatasinya? Yuk simak ulasan berikut hingga tuntas!

Jenis Penyakit Kulit Pada Bayi

1. Jerawat Bayi

Jerawat pada bayi terjadi akibat pengaruh hormon yang masuk ke dalam aliran darah bayi melalui plasenta dan biasanya timbul dengan ciri-ciri bintik-bintik kemerahan, serta bisa hilang sendirinya dengan cara alami.

Cara Mengatasinya:

• Cuci wajah bayi dengan air bersih.

• Berikan pelembap khusus untuk mengatasi jerawat pada bayi. Hindari obat jerawat yang digunakan untuk anak-anak atau orang dewasa.

• Jangan mencoba untuk mengeluarkan atau memecahkan jerawat bayi, karena ini akan memperburuk kondisinya.

• Jika jerawat terus bertambah atau tidak hilang setelah tiga bulan, segera kunjungi dokter, untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

2. Eksim

Penyakit kulit eksim yang menyerang kulit bayi biasanya muncul berwarna kemerahan dan disertai dengan isi berwarna putih. Eksim atau ruam merah ini biasanya terjadi pada bayi yang memiliki riwayat alergi dan akan muncul pada wajah, lengan, atau siku bayi secara bertahap, hingga menjadi kulit kering dan bersisik.

Cara Mengatasinya :

• Eksim pada bayi tidak ada obatnya. Namun, umumnya dapat dikendalikan dengan baik dan sering akan hilang setelah beberapa bulan atau tahun.

• Perawatan yang paling efektif adalah untuk mencegah kulit menjadi kering dan gatal, serta menghindari pemicu yang menyebabkan kondisi kambuh.

• Gunakan pelembap kulit untuk bayi guna mengurangi kulit kering akibat eksim pada bayi dan menjaga kulit bayi tetap lembap.

3. Kulit Kering

Kebanyakan bayi yang baru lahir akan mengalami penyakit kulit yang satu ini, dan akan mengelupas seiring dengan berjalannya waktu.

Cara Mengatasinya :

• Jangan mandikan bayi terlalu lama.

• Setelah memandikan bayi, sebaiknya biasakan untuk mengoleskan pelembap untuk bayi agar kelembapan kulitnya terjaga. Pastikan juga si Kecil mendapatkan cukup cairan.

• Biasanya kuit kering pada bayi akan hilang setelah beberapa hari. Namun, jika kondisi ini menganggu atau membuat bayi tidak nyaman, segera diskusikan dengan dokter. Dokter akan memberikan perawatan yang tepat untuk kondisi ini.

4. Bintik Putih (Milia)

Bintik putih atau dikenal juga dengan sebutan milia ini merupakan penyakit kulit pada bayi yang disebabkan oleh serpihan kulit yang menghambat kelenjar minyak dan sel kulit putih yang mengakibatkan tidak bisa keluar secara alami.

Jika bayi mengalami penyakit kulit yang satu ini, maka tidak perlu khawatir, karena ini akan hilang dengan sendirinya.

5. Cradle Cap

Cradle cap merupakan pengerasan seperti ketombe yang terjadi di kulit kepala bayi. Hal ini umumnya terjadi karena jamur, dan untuk menghilangkannya kamu bisa mengaplikasikan sampo anti jamur yang cocok untuk bayi.

So, itulah beberapa penyakit kulit pada bayi yang sering dijumpai, lengkap dengan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan

Makna Lagu Cicak-Cicak di Dinding

Rekomendasi Dongeng Anak