Simak Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan Anak

 


Buah berwarna cokelat dengan rasa yang manis ini ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Selain di Indonesia, sawo juga bisa kamu temukan di beberapa negara Asia Tenggara lainnya, seperti Kamboja, Thailand, dan Malaysia.

Kulit buah sawo berwarna cokelat, dengan daging buah yang juga berwarna cokelat, serta memiliki biji kecil berwarna hitam. Tekstur buah ini seperti berpasir, namun rasanya sangat manis dan lezat.

Sawo juga merupakan buah yang aman dikonsumsi oleh anak sejak usia 6 bulan. Walaupun begitu, jangan lupa untuk menghaluskan sawo saat pertama kali memperkenalkannya pada bayi. Lantas apa saja yah manfaat buah sawo untuk kesehatan? Yuk simak ulasan berikut.

8 Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan Anak

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Sawo sangat kaya akan kandungan serat, setidaknya terdapat 5,6 mg/100 gr buah sawo. Maka tak heran jika buah dengan rasa yang sangat manis ini mampu menjaga kesehatan pencernaan. Selain itu, kandungan seratnya juga mampu menghindari mu dari risiko sembelit.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Sawo mengandung vitamin A yang sudah terkenal baik untuk kesehatan mata. Maka tak heran jika mengonsumsi buah sawo secara teratur mampu menjaga penglihatan dan menunda penyakit mata yang terkait usia, seperti degenerasi makula.

3. Menjaga Kesehatan Ginjal

Buah sawo dipercaya mengandung sifat diuretik dan diperlukan untuk menjaga kesehatan ginjal. Mengonsumsi buah ini mampu menjaga frekuensi buang air dengan baik. Artinya, secara tidak langsung, buah sawo dapat membantu tubuh membuang zat beracun, bahan kimia, dan garam berlebih. Selain itu, buah ini juga dikenal mampu melarutkan batu ginjal.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan magnesium dalam sawo dipercaya mampu menjaga kesehatan otot, termasuk jantung. Dalam studi yang diungkap dalam BMJ Journals mengatakan bahwa, kekurangan magnesium mampu meningkatkan risiko terkena masalah kardiovaskular.

Asupan magnesium yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan tubuh juga dapat mengurangi risiko terkena penyakit irama jantung yang tidak normal atau aritma.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin E dalam buah sawo dipercaya mampu melembabkan serta menjaga kesehatan kulit, sehingga memberikan kulit yang sehat dan cantik. Buah sawo juga kaya akan antioksidan yang bertindak sebagai agen anti penuaan.

6. Menyembuhkan Batuk dan Pilek

Sawo mengandung sifat ekspektoran yang bermanfaat membantu meredakan batuk dan pilek pada anak. Selain itu, sifat ekspektoran ini juga dapat membantu melegakan hidung tersumbat pada anak.

7. Tambahan Energi

Kandungan mineral baik seperti potasium, zat besi, kalsium, tembaga, niasin, dan folat pada sawo mampu membantu memberikan energi dan kekuatan tambahan yang dibutuhkan oleh sang buah hati.

8. Membantu Tubuh Melawan Radikal Bebas

Sawo merupakan buah yang kaya akan kandungan antioksidan.

Antioksidan sendiri diperlukan oleh sang buah hati untuk membantu mencegah kerusakan sel. Radikal bebas yang dihasilkan selama metabolisme, dapat dilawan secara efektif dengan bantuan antioksidan.

Bagaimana bunda? Tertarik untuk memberikannya kepada si kecil ?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan

Makna Lagu Cicak-Cicak di Dinding

Rekomendasi Dongeng Anak