5 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Anak

 


Buah pisang memang cocok diolah menjadi berbagai macam jenis hidangan. Mulai dari cemilan hingga makanan berat. Rasanya yang manis juga membuat buah yang satu ini disukai oleh banyak orang, termasuk anak-anak. Selain itu, buah berwarna kuning ini juga mengandung beragam nutrisi penting yang dibutuhkan oleh anak.

Menurut jurnal yang berjudul Pengaruh Penyuluhan Terhadap Perubahan Pengetahuan Bagi Ibu-ibu PKK Kelurahan Penggaron Lor Tentang Pemanfaatan Tanaman Pisang Sebagai Media Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut, pisang merupakan buah yang menyediakan kalori dan energi dengan jumlah yang cukup.

Diketahui dalam 100 gr buah pisang, mengandung 250 kalori, 68% air, 25% gula, 2% protein, 1% lemak dan minyak dan 1% serat selulosa. Selain itu, pisang juga mengandung pati dan asam tanin, vitamin A, vitamin B (B1, B2, B6, dan B12), vitamin D, juga mengandung kalsium, fosfor, besi, sodium, kalium (potassium), magnesium, dan seng.

Sesuai usia, bunda bisa memberikan pisang dalam bentuk bubur untuk anak usia 6 bulan, potongan-potongan kecil untuk anak usia 9 bulan, hingga dalam bentuk buah utuh untuk anak usia 1 tahun ke atas.

Dibalik rasanya yang lezat, dengan kandungan nutrisi serta gizi yang melimpah, membuat buah berwarna kuning ini kaya akan manfaat.

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Anak

1. Melancarkan Pencernaan

Seperti yang kita ketahui, mengonsumsi makanan yang kaya akan serat, mampu meningkatkan kesehatan usus dan mencegah terjadinya gangguan pencernaan, seperti sembelit. Salah satu buah yang bisa bunda jadikan sebagai sumber serat untuk anak adalah buah pisang.

Maka jangan ragu untuk menjadikan buah berwarna kuning ini sebagai cemilan sehat untuk anak, disela-sela waktu menunggu makan utama tiba.

2. Menambah Berat Badan Anak

Selain tinggi akan kandungan serat yang baik untuk pencernaan, buah pisang juga mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Menurut US Departement of Agriculture, dalam 100 gr buah pisang mengandung 22,84 gr karbohidrat. Maka tidak heran jika buah ini cocok untuk bunda jadikan sebagai alternative cemilan sehat penambah berat badan untuk si kecil.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Pisang juga memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi. Kalium berfungsi menetralkan nutrium sehingga baik untuk menjaga kesehatan tulang. Memberi nutrisi tulang sejak dini, tentu akan berpengaruh pada kekuatan tulang anak di hari tua nanti.

4. Meningkatkan Kemampuan Otak

Manfaat buah pisang yang selanjutnya adalah meningkatkan kemampuan otak anak. Seperti yang telah dijelaskan diatas, buah pisang mengandung kalium yang selain baik untuk menjaga kesehatan tulang anak juga mampu memperlancar sirkulasi darah ke otak. Peredaran darah yang lancar, akan meningkatkan daya konsentrasi pada anak.

5. Menjaga Kesehatan Mata Anak

Kini kesehatan mata anak menjadi hal yang paling penting untuk diperhatikan oleh para orangtua. Pasalnya, kini tidak sedikit anak yang kecanduan bermain gadget, sehingga terpaksa harus menggunakan kacamata.

Untuk membantu bunda menjaga kesehatan mata sang buah hati, bunda dapat memberikan buah pisang secara rutin setiap hari. Hal ini karena buah pisang mengandung vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Dengan rutin mengonsumsi buah ini, diharapkan mata anak akan menjadi lebih sehat.

Tetapi, perlu diingat yah bunda, konsumsilah buah pisang dengan jumlah yang cukup dan tidak berlebihan. Pasalnya, buah pisang yang diberikan dalam porsi yang berlebihan justru berisiko menimbulkan konstipasi pada anak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan

Makna Lagu Cicak-Cicak di Dinding

Rekomendasi Dongeng Anak