5 Jenis Sayuran Berwarna Merah yang Baik Untuk Kesehatan Anak


Jika selama ini banyak orang tua yang beranggapan bahwa hanya sayuran berwarna hijau lah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan anak. Namun, tahukah bunda ternyata tidak hanya sayuran berwarna hijau yang baik untuk kesehatan tubuh anak, tetapi juga ada sayuran berwarna merah yang tidak kalah bermanfaatnya untuk kesehatan anak.

Lantas, apa saja jenis sayuran berwarna merah yang baik untuk anak? Berikut ulasannya.

5 Sayuran Berwarna Merah Kaya Manfaat

1. Kubis Merah




Walaupun berwarna merah, kubis merah sebenarnya tidak benar-benar berwarna merah, bahkan sayuran yang satu ini lebih condong berwarna ungu. Hal ini karena warna gelap yang berada pada sayur kubis berasal dari anthocyanin atau antioksidan kuat yang dapat menurunkan risiko gangguan otak, kanker, hingga penyakit kardiovaskular.

Selain itu, kubis juga mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan anak. Diketahui, dengan mengonsumsi segelas sayur kubis merah, mampu memenuhi 85% dari kebutuhan vitamin C harian anak, 42% kebutuhan vitamin K, dan 20% kebutuhan vitamin A harian anak.

2. Tomat




Siapa yang tidak mengenal sayuran berwarna merah yang satu ini. Dengan harga yang cukup terjangkau dan ketersediaannya yang mudah diperoleh membuat sayuran yang satu ini akan menjadi pilihan sayur berwarna merah yang tepat untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian anak. Pasalnya, diketahui tomat kaya akan zat lycopene, vitamin C, dan kalium yang baik untuk kesehatan anak.

3. Paprika Merah




Mungkin sebagian masyarakat Indonesia merasa asing dengan jenis sayuran merah yang satu ini. Pasalnya, selama ini kita hanya tahu sayuran wortel sebagai sumber vitamin A alternatif sehari-hari. Namun ternyata, selain wortel terdapat paprika merah yang mengandung jumlah vitamin A yang tak kalah banyak dengan jumlah vitamin A yang terkandung dalam sayur wortel.

Diketahui, paprika mengandung kebutuhan harian vitamin A yang diperlukan oleh anak, tiga kali kebutuhan vitamin C harian anak, dan mengandung 30 kalori. Maka tak heran jika paprika merah baik untuk kesehatan anak dan mampu meningkatkan sistem pencernaan tubuh anak serta membuat kulit anak menjadi lebih sehat dan bercahaya.

4. Bayam Merah




Khasiat sayuran merah yang satu ini mungkin sudah tidak perlu lagi untuk diragukan. Meski tidak sepopuler bayam hijau, namun bayam merah mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan anak.

Diketahui, bayam mengandung mineral, kalsium, vitamin B3, asam amino, zat besi, fosfor, vitamin E, vitamin C, postasium, dan magnesium yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

5. Kentang Merah




Tak kalah dengan kentang kuning, kentang merah juga mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan anak. Diketahui, kentang merah mengandung kalium, vitamin C, thiamin, dan vitamin B6. Bahkan, tak hanya dagingnya yang bermanfaat, tapi juga kulit kentang merah yang kaya akan serat dan vitamin yang baik untuk dikonsumsi oleh anak.

Nah, itu dia deretan sayuran merah yang baik untuk kesehatan anak. Bagaimana bunda, apakah bunda tertarik untuk memberikannya pada sang buah hati?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan

Makna Lagu Cicak-Cicak di Dinding

Rekomendasi Dongeng Anak