Tips Melatih Anak Tidur Sendiri, Yuk Dicoba

 

Banyak orangtua yang memilih untuk tidur bersama anaknya dalam satu kamar sejak lahir. Hal ini karena mereka ingin selalu siap siaga menjaga anaknya jika terbangun di malam hari. Namun, Kebiasan ini justru bisa terbawa hingga anak cukup besar. Hal itu tentunya tidak baik bagi anak maupun orang tua. seiring bertambahnya usia, anak perlu diajari untuk mandiri.

Tidur sendiri dapat diajarkan kepada anak sejak dini.  Kesiapan anak untuk tidur sendiri sangat berkaitan dengan kepribadiannya masing masing. namun, kalian dapat mulai mengajarkannya tidur  senidiri saat usia 3 tahun.

Ada beberapa manfaat tidur sendiri  bagi anak jyakni meningkatkan kepercayaan diri, membuatnya menjadi lebih mandiri , dan membuat anak menjadi lebih  berani.

Anak yang telah siap tidur sendiri bisa diamati dari berbagai perilakunya. Jika mereka tidak memerlukan dorongan atau pengingat untuk bisa tidur, hal ini menandakan bahwa dirinya telah siap untuk tidur sendiri.

 

Berikut beberapa tips yang bisa kalian lakukan dalam melatih anak tidur sendiri di kamarnya.

 

1. Buatlah suasana kamar yang menyenangkan

supaya anak mau tidur di kamrnay sendiri, buat lah ia merasa nyaman betah di dalam kamarnya seperti memberikan dekorasi yang disukai anak, perlengkapan tidur yang nyaman yakni selimut guling dan boneka.

 

2. Lakukan secara konsisten

Jika anak kalian kerap masuk ke kamar kalian dan merayu kalian untuk tidur bersama, usahkan lah untuk mengabaikannya. antarkan kembali ke kamr tidurnya agar ia memahaminya.

Awal awal mungkin akan sulit. Namun jika dilakukan dengan konsisten setiap hari anak kan berani tidur sendiri.

 

3.Amati dari jarak yang lebih jauh

Selanjutnya, kalian tidak perlu mendampingi anak di tempat tidurnya lagi.  dampingi lah dia dari jarak yang agak jauh. Misalnya, di salah satu kursi atau di dekat pintu kamarnya.

Sebelumnya, kalian dapat memberikan tanda bahwa waktu tidur telah tiba. Misalnya, dengan membacakan cerita, mengajaknya membaca doa, menyelimutinya, dan mematikan lampu. Anda dapat menunggunya hingga terlelap sebelum meninggalkan kamarnya.

Cara agar berani tidur sendiri untuk anak ini dianggap ampuh untuk menghilangkan rasa takut si kecil saat tidur sendirian.

 

4. Jangan bercerita seram kepada anak

Beberapa anak ada yang mengalami kecemasan saat ia berpisah dengan orangtuanya. untuk mencegah hal itu terjadi usahakanlah jangan menakuti anak dengan bercerita seram atau menggunakan ancaman tidur sendiri utnuk menghukum anak. Hal tersebut justru akan membuatnya semakin sulit umtuk tidur sendiri.

 

5. Berikan Pujian pada anak

 

Ketika anak sudah berhasil tidur tanpa kalian temani, jangan lupa untuk memberikan pujian padanya. Hal ini akan menajdi motivasi lebih supaya anak lebih bberani untuk tidur sendiri

 

6. Buat aturan waktu tidur yang tepat

Kalian harus memastikan bahwa sang buah hati tidur pada waktunya. Jangan memaksa ia untuk tidur cepat. Namun, usahakan saja agar anak jangan tidur melewati batas jam tidurnya.

 

Nah, itulah beberapa tips agar anak  terbiasa untuk tidur sendiri. Yuk segera dicoba.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan

Makna Lagu Cicak-Cicak di Dinding

Rekomendasi Dongeng Anak