5 Rekomendasi Sayur Kaya Akan Nutrisi Untuk MPASI Bayi 6-12 Bulan

 


Saat bayi telah memasuki usia 6 bulan, maka bayi sudah siap untuk menerima makanan lain selain ASI. Selain itu, kebutuhan nutrisinya yang meningkat membuat ASI tak lagi cukup untuk memenuhi semua kebutuhan nutrisi hariannya.

Makanan Pendamping Asi (MPASI) yang baik harus mengandung protein, lemak dan serat yang cukup. Salah satu sumber serat yang baik untuk si kecil adalah sayur, sayur kaya akan serat. Selain itu, sayur juga mengandung berbagai kandungan nutrisi yang baik untuk membantu tumbuh kembang si kecil.

Bagi kamu yang masih bingung dalam memilih sayur apa yang baik untuk si kecil, berikut kami telah merangkum beberapa rekomendasi sayur yang baik untuk bayi usia 6-12 bulan. Yuk, disimak hingga tuntas.

Manfaat sayur

Berikut beberapa manfaat sayur untuk si kecil.

1. Menjaga pencernaan si kecil agar tetap sehat.

2. Meningkatkan asupan gizi.

3. Mencegah Anemia.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Menjaga Kesehatan mata.

Sayur kaya akan ragam vitamin, mineral, serat, serta nutrisi penting lainnya untuk mencukupi kebutuhan gizi si kecil. Walaupun begitu, jumlah yang diberikan kepada si kecil juga harus dalam porsi yang pas dan tidak berlebihan.

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan kebersihan sayur. Sayur biasanya terpapar pestisida yang cukup tinggi, sebagai pilihan yang aman dari pestisida. Kamu bisa menggunakan sayur organik yang tidak mengandung pestisida.

Jenis sayur yang baik untuk bayi 6-12 bulan

Berikut beberapa jenis sayur yang baik untuk bayi 6-12 bulan, yaitu :  

1. Brokoli

Brokoli tergolong sayur yang rendah akan kalori namun kayu akan nutrisi. Tidak hanya itu,di dalam sayur  brokoli juga terdapat kandungan zinc, magnesium, vitamin C, vitamin B, vitamin K, serat dan kalium. Kandungan dalam brokoli ini bermanfaat sebagai antioksidan yang berfungsi membentuk jaringan tubuh dan tulang, menyehatkan pencernaan, dan memaksimalkan kandungan protein dalam makanan.

2. Bayam

Kandungan serat yang terkandung dalam bayam baik untuk pencernaan dan mencegah sembelit pada sikecil. Selain itu,bayam juga mengandung vitamin A, vitamin C, asam folat, kalsium, serta zat besi yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, melancarkan sirkulasi oksigen, serta menjaga kesehatan tulang.

3. Wortel

Menurut “Eminence Kids Foundation,” di dalam wortel mengandung  nutrisi yang dibutuhkan si kecil, seperti beta karoten, vitamin A, serat, vitamin K1, serta kalium. Kandungan ini berfungsi sebagai antioksidan yang mampu mengatasi racun pada tubuh, menjaga daya tahan tubuh, merawat kesehatan kulit, menjaga saluran pencernaan dan saluran kemih, merangsang pertumbuhan serta kesehatan gigi dan gusi. Selain itu, kandungan nutrisi yang ada pada wortel juga baik untuk kesehatan mata.

4. Labu siam

Labu siam mengandung fosfor, kalsium dan berbagai vitamin yang berfungsi membantu pertumbuhan gigi dan tulang pada bayi. Selain itu, sayur yang satu ini juga memiliki tekstur yang lembut. Sehingga baik untuk bayi yang baru belajar mengunyah.

5. Buncis

Kandungan serat, sodium, vitamin A, vitamin C, vitamin K, serta zat besi yang ada pada buncis berfungsi  untuk membantu meningkatkan perkembangan kognitif, meningkatkan fungsi tulang, dan melancarkan saluran pencernaan pada si kecil.

Namun, apa pun jenis sayur yang kamu pilih. Porsi yang diberikan tetap harus seimbang, agar si kecil masih dapat meperoleh kandungan nutrisi lain seperti karbohidrat yang juga diperlukan untuk tumbuh kembangnya.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan

Makna Lagu Cicak-Cicak di Dinding

Rekomendasi Dongeng Anak