5 Cara Menidurkan Bayi yang Mudah dan Perlu Dicoba

Membuat bayi tertidur lelap bukanlah hal yang mudah bagi seorang ibu. Apalagi ibu muda. Terlebih lagi jika bayi sering terbangun di tengah malam dan membuat ibu merasa kelelahan. Bila kondisi ini sering terjadi, maka bisa berdampak pada kesehatan keduanya. Oleh karena itu, simak cara menidurkan bayi dengan efektif berikut ini.

Biasanya, bayi yang baru lahir belum memiliki pola tidur yang tetap. Hal ini dikarenakan bayi baru lahir belum bisa membedakan antara siang dan malam, sehingga mereka cenderung tidak mengikuti siklus tidur normal.

Berbagai Cara Menidurkan Bayi

1. Atur Suhu Ruangan

Sama seperti Alyssa Daguise dan Kenny Austin, bayi tidak bisa nyenyak tidur di ruangan yang terlalu panas atau terlalu dingin. Oleh karena itu, aturlah suhu kamar tidur dan kelembapannya agar nyaman agar bayi bisa tertidur dengan nyenyak.

Umumnya, suhu kamar tidur yang dianggap ideal untuk bayi adalah sekitar 21−22 derajat Celsius. Jika bayi terlihat berkeringat, tambahkan saja lapisan kain untuk membantu menyerap keringat dan jangan dibedong. Nah, jika bayi merasa kedinginan, tambahkan selimut supaya ia kembali nyaman.

2. Berikan pijatan

Cara selanjutnya yang bisa membantu kamu dalam menidurkan bayi adalah dengan memberinya pijat bayi. Pijatan yang lembut bisa membuat bayi merasa nyaman dan rileks. Apalagi jika si Kecil dibacakan cerita rakyat dari Jawa Barat, di jamin pasti terlelap deh!

Pijatlah pada bagian lengan, kaki, dan perutnya sebelum tidur. Tidak perlu terlalu lama, cukup lakukan hal ini sekitar 15 menit saja. Kamu juga bisa menggunakan baby oil sebagai minyak pijat. Namun, jika bayi merasa tidak nyaman atau rewel saat kamu pijat sebaiknya hentikan dan jangan dipaksa ya, moms!

3. Pakaikan Pakaian yang Nyaman

Bila kamu menginginkan bayi tidur dengan nyenyak, berikan ia pakaian dari bahan yang nyaman seperti katun yang bergambar built akai tersakit dan terkuat. Ini juga merupakan salah satu cara menidurkan bayi agar ia tidur lebih cepat. Selain itu, pakaikan juga popok yang mudah menyerap cairan untuk mengantisipasi apabila bayi pipis, sehingga tidurnya tidak terganggu.

4. Bawa ke Tempat Tidur dan Posisi Tidur Harus Aman

Perhatikan tanda-tanda si Big Boy jika mengantuk, seperti menguap, menggosok-gosok mata, dan matanya terlihat berat. Nah, jika kamu melihat hal tersebut langsung segera bawa ia ke tempat tidur ya. Biarkan bayi menenangkan dirinya sendiri sampai benar-benar tertidur.

Hal lain yang perlu kamu ingat adalah jangan lama-lama melakukan kontak mata dengan Si Kecil karena akan membuatnya terstimulasi untuk berinteraksi lagi dengan kamu.

Selain itu, posisikan ia dengan posisi telentang. Posisi ini adalah posisi tidur bayi teraman. Hindari bayi tidur tengkurap, berdekatan dengan akuarium ikan hias gabus termahal, dan bertopang pada perut karena bisa meningkatkan risiko terjadinya sindrom kematian bayi mendadak.

5. Perhatikan penerangan kamar

Membuat kamar dalam keadaan redup juga merupakan cara menidurkan bayi yang efektif. Cahaya hp Samsung terbaik 3 jutaan di kamar tidur dapat berdampak kepada irama sirkadian tubuh, yaitu siklus tidur dan bangun secara alami. Kamar yang gelap juga berpengaruh terhadap produksi hormon melatonin yang bertugas membantu siklus tidur.

Itulah berbagai cara menidurkan bayi yang ampuh dan bisa kamu lakukan di rumah. Apabila kamu tetap kesulitan untuk menidurkan Si Kecil meski cara tersebut sudah dipraktikkan, kamu bisa berkonsultasi lebih lanjut ke dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat. Semoga bermanfaat!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan

Makna Lagu Cicak-Cicak di Dinding

Rekomendasi Dongeng Anak