20 Lagu Anak-anak yang Paling Sering di Dengar

Ada banyak macam lagu anak-anak yang biasa dinyanyikan, Mulai dari lagu anak tempo dulu hingga lagu yang kekinian. Beberapa lagu daerah juga ada yang termasuk ke dalam lagu anak-anak. Biasanya, lagu yang bernada ceria dan lucu dipilih oleh anak untuk dinyanyikan.

Lirik lagu yang mudah dihafal juga cepat sekali populer di antara anak-anak. Musik dan lagu memang memiliki daya tarik sendiri bagi anak. Mereka cenderung akan mudah menyerap hal apapun yang dikemas dalam kedua bentuk tersebut. Misalnya, ketika mengajarkan anak tentang abjad (abcdefghj). Cara mengajar yang dikemas dalam bentuk irama akan lebih mudah dicerna dan diingat oleh anak.

Selain menghibur, musik juga sangat penting peranannya sebagai sarana meningkatkan kecerdasan anak. Kesadaran ini membuat para calon ibu mengenalkan musik sejak dini. Biasanya, para orang tua modern memperkenalkan musik sejak anak masih dalam kandungan atau dengan cara yang berbeda-beda.

Musik sendiri bisa diperdengarkan dengan menggunakan musik player. Ada juga orang tua yang menyanyikanya secara langsung. Bahkan, mereka akan membacakan dongeng kisah si keledai dan Pak tani dan kisah La Moelu untuk anaknya.

Pada dasarnya, anak-anak memang sangat tertarik pada musik. Hal tersebut bisa dilihat dari respon mereka yang menari dan berdendang saat musik diputar. Lalu, bagaimana cara musik bisa meningkatkan kecerdasan pada anak?

Ternyata memang benar jika musik sebenarnya bisa merangsang pola tumbuh kembang anak yang dibutuhkan saat bersekolah nanti. Musik diyakini dapat membantu menyelaraskan kerja antara tubuh dan dipikiran. Seperti halnya kemampuan berpikir tentang jenis ikan tenggiri, bersosialisasi, emosi, gerak, dan bahasa.

Musik yang diperkenalkan sedari dini bisa membuat anak lebih mudah memahami suara dan juga makna dari kata. Berdansa dan menari mengikuti irama musik sangat membantu perkembangan motorick pada anak. Selain itu, musik juga diyakini bisa membantu anak untuk berekspresi apa adanya.

Kelebihan lain dari musik adalah mampu memperkuat ingatan. Hal ini berlaku pada anak-anak dan orang dewasa. Berdasarkan penelitian, mereka yang terbiasa mendengarkan dan mencari tahu tips menang main domino akan memiliki aktivitas saraf yang besar. Aktivitas itu berada di daerah auditorik juga prefrontal korteks pada otak.

Meskipun begitu, tak semua jenis musik bisa meningkatkan kecerdasan pada anak. Seperti jenis musik rock, dangdut atau pop kurang cocok untuk menstimulasi otak anak. Bunda bisa mengenalkan jenis musik klasik seperti chord treat you better, musik harmonis lembut seperti chord bertaut, atau musik melodis dan ceria seperti chord cheating on you.

Lantas, apa saja jenis lagu anak-anak yang paling banyak didengarkan dan disukai anak-anak? Kepo? Yuk simak sampai habis dan dengarkan kepada si Kecil!

Daftar Lagu Anak-anak yang Populer

1. LAGU KASIH IBU

2. LAGU NENEK MOYANGKU

3. LAGU TOPI SAYA BUNDAR

4. LAGU BALONKU

5. LAGU NINA BOBO

6. LAGU BINTANG KECIL

7. ANAK PELANGI

8. LAGU LIHAT KEBUNKU

9. LAGU CICAK DI DINDING

10. LAGU KRING KRING ADA SEPEDA

11. LAGU SI KANCIL

12. BANGUN TIDUR

13. LAGU NAMA-NAMA HARI

14. LAGU AMBILKAN BULAN BU

15. LAGU TIK TIK BUNYI HUJAN

16. SAYANG SEMUANYA

17. LAGU MENANAM JAGUNG

18. BURUNG KUTILANG

19. LAGU BURUNG KAKAKTUA

20. LAGU KUPU-KUPU

Itulah beberapa jenis lagu yang paling banyak didengarkan pada si Kecil. Dari 20 lagu di atas, mana nih yang paling sering kamu nyanyikan dulu?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan

Makna Lagu Cicak-Cicak di Dinding

Rekomendasi Dongeng Anak