Deretan Mainan Edukatif untuk Anak

  


Uia dini merupakan usia yang penting banget untuk si kecil. Soalnya anak juga belajar dari berbagai hal yang ada di sekitarnya termasuk mainan nih. Mainan juga membantu kreativitas si kecil biar di makin baik dalam berimajinasi.

Mainan yang baik untuk perkembangan anak adalah mainan edukatif . Mainan edukatif membantu perkembangan diri si kecil secara optimal nih. Mainan edukatif nggak cuma bikin anak-anak jadi lebih cerdas, masa kecil anak-anak juga jadi lebih menyenangkan. Yuk langsung aja kita simak mainan edukatif yang bagus untuk si kecil.

• Jigsaw Puzzle


Kalian pasti udah sering banget liat mainan yang satu ini kan? Jigsaw puzzle ini udah cukup populer banget di pasaran. Biasanya jigsaw puzzle potongan-potongan gambar utuh yang nantinya harus kita satuin, Jigsaw puzzle cocok banget dimainkan anak-anak karena nggak rumit dan mudah dipahami.

Tapi tidak usah khawatir, anak di bawah usia 10 bulan pun bisa memainkan jigsaw puzzle ini. Mainan yang satu ini bagus banget untuk melatih perkembangan otak dan cara berpikir dalam menyelesaikan masalah. Jigsaw puzzle juga bagus untuk perkembangan psikomotorik dan daya kognitif.

• Lego



Mainan yang paling nggak boleh terlewatkan nih pastinya lego! Mainan yang satu ini udah populer banget sejak lama. Bahkan permainan ini digemari orang dewasa juga lho. Permainan asal Denmark ini membawakan karakter balok yang berwarna-warni dan bisa dibentuk dengan berbagai macam karakter. Mulai dari bangunan, mobil, orang, bahkan hewan.

Lego nggak cuma melatih otak, tapi cuma membantu perkembangan kognitif dan cara berpikir logika anak. Kalian  jangan kaget kalau anak yang jago nyusun lego jadi jago juga dalam matematika dan ilmu eksak lainnya.

• Flash Card



Flash card ini keliatannya mainan yang sederhana banget nggak sih. Biasanya flash card ada gambar dan keterangan tulisan di gambarnya. Contohnya nih kayak gambar kelinci dan ada keterangan nama hewan tersebut. Mainan ini bagus banget untuk mengasah kemampuan mengingat dan menghafal huruf si kecil.

Permainan ini dibuat dan didesain dengan menarik banget, biar si kecil makin tertarik dengan flash card ini. Permainan sederhana ini punya motif tersembunyi lho! Iya dong, permainan ini berguna untuk menambah kosakata pada anak, membaca, dan melatih berbicara.

• Rubik Kubus



Permainan ini diakui banget bisa mengasah otak. Soalnya untuk menyamakan warna di kubus yang udah teracak tuh susah banget, Kamu sebagai orang tua bisa membantu atau bermain bersama si kecil saat bermain rubik ini, soalnya permainan ini cukup menguras otak serta kesabaran. Permainan ini bagus untuk melatih kecerdasan emosional pada anak, menyeimbangkan otak kiri dan kanan biar lebih mudah berkonsentrasi. Menarik kan?

• Congklak

Congklak merupakan permainan khas Indonesia, pernah memainkan permainan ini. Congklak itu bagus banget lho untuk membantu kecerdasan si kecil. Permainan ini bagus banget melatih anak untuk mengatur strategi dalam sebuah pertandingan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan

Makna Lagu Cicak-Cicak di Dinding

Rekomendasi Dongeng Anak