Benarkah Daun Jarak Baik Untuk Kesehatan Bayi? Yuk Simak Disini!

 


Kamu tentu telah familiar dengan jenis tanaman yang satu ini. Daun dari tanaman jarak memang telah dikenal memiliki berbagai khasiat yang baik untuk kesehatan dalam berbagai pengobatan tradisional sejak jaman dahulu.

Tanaman jarak merupakan jenis pohon yang berbuah setiap tahunnya serta memiliki batang yang berongga dan berbuku-buku. Daun tanaman jarak memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, dan relatif sedang. Biasanya, daun yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan ini berwarna hijau. Namun, ada juga yang jenisnya berwarna merah.

Manfaat daun jarak diketahui berasal dari berbagai senyawa yang dipercaya baik untuk mengobati berbagai penyakit, terutama pada bayi. Adapun kandungan senyawa yang terkandung dalam tanaman yang satu ini, yakni quercetin, kaempferol, astragalin, nicoflorin, bebagai senyawa lainnya.

Lantas, apa saja manfaat daun yang menjadi bagian dari apotik hidup ini? Berikut ulasannya.

Mengatasi Lidah Putih Pada Bayi

Biasanya, lidah bayi akan kelihatan memutih akibat adanya sisa ASI atau susu formula yang tersisa. Lidah putih ini juga tak jarang menyebabkan anak menjadi malas untuk minum susu hingga sariawan. Nah, untuk mengatasi hal ini, kamu bisa memanfaatkan daun yang berasal dari tanaman yang satu ini.

Cara menggunakannya juga cukup mudah, kamu cukup meneteskan getah yang berasal dari daun jarak pada lidah bayi. Keputihan  yang menempel biasanya akan dikeluarkan bersama dengan air liur yang dikeluarkan bayi.

Mengatasi Perut Kembung

Daun jarak, memang telah digunakan untuk meredakan perut kembung pada bayi sejak dahulu kala. Caranya dengan memanggang daun jarak terlebih dahulu hingga layu, setelah daun layu kamu bisa mengoleskan seluruh permukaan daun menggunakan minyak kelapa. Lalu, daun tersebut bisa kamu tempelkan di atas perut bayi.

Mengatasi Masalah Biang Keringat Pada Bayi

Biang keringat merupakan salah satu masalah yang cukup rentan terjadi pada bayi. Hal ini tentu akan mengganggu kenyaman bayi. Pasalnya, biang keringat sering sekali disertai dengan rasa gatal yang kemudian akan membuat bayi merasa tidak nyaman dan rewel. Nah, kamu juga bisa memanfaatkan daun tanaman yang satu ini sebagai cara alternatif untuk mengatasinya.

Mengatasi Diare

Selain biang keringat, masalah kesehatan pada organ pencernaan yang satu ini juga rentan terjadi pada bayi. Sama halnya dengan biang keringat, kamu juga bisa memanfaatkan daun jarak sebagai cara alternatif untuk mengatasinya. Caranya, tempelkan daun jarak yang telah dipanggang dan dioleskan dengan minyak kelapa terlebih dahulu pada perut bayi yang mengalami diare. Lakukan cara ini secara rutin hingga masalah pencernaan pada bayi mereda.

Meredakan Demam

Manfaat daun jarak untuk bayi selanjutnya yakni, meredakan demam pada bayi. Kamu bisa menggunakan daun jarak yang telah dicuci terlebih dahulu dan menempelkannya pada dahi dan ubun-ubun bayi. Jadikan daun tanaman yang satu ini sebagai pengganti kompres alami hingga demam pada bayi mereda.

Gimana, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan

Makna Lagu Cicak-Cicak di Dinding

Rekomendasi Dongeng Anak