Tips & Trik Agar Anak Cepat Membaca, Bunda Wajib Coba!

 


Memiliki peran sebagai orangtua sekaligus guru pertamanya, tentu bunda memiliki kewajiban penting untuk mendidik seorang anak hingga ia tumbuh cerdas dan pintar.

Tidak hanya sebagai jendela dunia, membaca buku juga memiliki peran penting untuk anak sejak anak masih di usia balita. Manfaat membaca buku untuk anak sejak dini ini juga sangat beragam, mulai dari meningkatkan perkembangan otak anak, hingga meningkatkan kemampuan kognitif dan bahasa anak.

Kemampuan membaca dengan baik ini juga akan sangat diperlukan ketika sang anak memasuki sekolah. Pasalnya, semua pelajaran di sekolah akan membutuhkan kemampuan membaca untuk bisa memahami pelajaran tersebut.

Nah, untuk membantu bunda dalam mendidik dan mengajari sang buah hati agar cepat membaca, bunda bisa mengikuti tips & trik berikut.

1. Mengenalkan Huruf dengan Cara yang Menyenangkan

Jika anak sama sekali belum mengenal huruf, atau kurang menguasainya, maka tahap pertama yang harus bunda lakukan adalah memperkenalkan sang anak dengan huruf, mulai dari A sampai Z. Buatlah anak hafal ketika dipertemukan dengan huruf-huruf tersebut secara acak. Selain itu, bunda juga harus memastikan bahwa anak dapat mengucapkan huruf-huruf tersebut dengan benar.

2. Melatih Anak Menghafal Suku Kata

Langkah selanjutnya setelah anak berhasil menguasai dan mengenal huruf, adalah melatih anak menghafal suku kata. Bunda bisa memberikan kebebasan kepada anak untuk memilih menghafal suku kata dari huruf apa terlebih dahulu. Lalu, bisa juga diikuti dengan huruf konsonan a,I,u,e,o.

Contoh : ba, bi, bu, be, bo.

3. Mengajak Anak Membaca Suku Kata Bervariasi

Langkah selanjutnya adalah mengajak anak membaca suku kata yang mulai bervariasi, seperti bo-la, bu-ku, ma-ma, pa-pa, dan lain sebagainya. Bunda juga bisa membantu sang anak untuk mencari suku kata yang akan ia eja, untuk mempermudah sang anak melakukannya.

4. Memperkenalkan Anak Huruf Mati

Apabila anak telah menguasai tahapan sebelumnya, maka bunda bisa memasuki tahapan selanjutnya, yaitu memperkenalkan sang buah hati kepada huruf-huruf mati seperti, ng, ny, dan huruf konsonan lainnya apabila dijadikan huruf mati.

5. Melatih Anak untuk Membaca Kata Utuh

Mulanya mungkin anak akan merasa kesulitan jika harus langsung membaca kata perkata secara utuh. Maka bunda bisa melatih anak untuk mengejanya terlebih dahulu seperti, baca ; b-a-ba, c-a-ca, baca.

Disinilah peran bunda akan sangat diperlukan untuk melatihnya mengeja dan mengeja hingga bisa membaca kata secara utuh tanpa mengeja terlebih dahulu.

Nah, itulah beberapa tips & trik agar anak cepat membaca. Selain menerapkan tips & trik di atas, bunda juga harus membuat proses belajar membaca ini menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Semoga berhasil.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan

Makna Lagu Cicak-Cicak di Dinding

Rekomendasi Dongeng Anak