Terlihat Sepele Namun Bermanfaat, Ini Dia Manfaat Tidur Siang Untuk Anak!

 


Siapa nih yang sering meminta sang buah hati untuk tidur siang?

Walau sebagian besar anak tidak menyukai tidur siang, karena menganggapnya sebagai kegiatan yang menganggu waktu bermainnya bersama dengan teman-teman. Meski mungkin sulit untuk memintanya rutin melakukan kegiatan yang satu ini, sebagikanya orang tua tetap membujuk sang buah hati untuk tidur siang.

Pasalnya, pertumbuhan dan perkembangan yang dialami oleh anak mampu menguras banyak energi. Oleh karena itu, selain mencukupi asupan dan kebutuhan nutrisinya, anak juga butuh waktu istirahat yang lebih banyak dari waktu istirahat orang dewasa.

Lantas, apa saja yah manfaat tidur siang untuk kesehatan anak? Berikut ulasannya.

Manfaat Tidur Siang Untuk Anak

1. Sarana Relaksasi Tubuh

Tidur merupakan kegiatan yang tepat untuk merelaksasikan tubuh dan pikiran yang telah digunakan seharian oleh anak untuk melakukan berbagai kegiatannya sebelum jam tidur siang. Saat anak telah tidur siang, tubuh dan pikirannya akan jauh lebih segar dan mengurangi risiko tantrum akibat kelelahan.

2. Mengembalikan Energi Anak

Tidur merupakan waktu untuk sel-sel tubuh membentuk kembali energi yang telah habis terpakai untuk melakukan berbagai kegiatan. Tidur juga menjadi cara terbaik untuk membantu tubuh memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

Selain itu, tidur juga dapat mengembalikan stamina anak agar ia bisa kembali bermain dan melakukan segala kegiatannya di sore maupun malam hari.

3. Membantu Anak Tidur Lebih Pulas di Malam Hari

Kelelahan merupakan salah satu faktor pemicu anak sulit tidur di malam hari. Itulah sebabnya, tidur siang perlu dilakukan oleh anak setiap harinya. Pasalnya, tidur siang dapat mengurangi rasa lelah pada tubuh akibat beraktivitas seharian.

4. Memperbaiki Suasana Hati Anak

Manfaat tidur siang untuk anak yang selanjutnya ialah, memperbaiki suasana hati anak. Seperti yang telah dijelaskan di atas, tidur tdapa merelaksasikan tubuh, hal ini tentu sangat baik untuk memperbaiki suasana hati sang buah hati.

Bahkan menurut St. Louis Children’s Hospital, anak yang tidur siang setiap hari cenderung lebih tidak mudah tersinggung, jika dibandingkan dengan anak yang tidak tidur siang.

5. Mendukung Proses Belajar Anak

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh University of Massachusetts, menemukan fakta bahwa tidur siang yang dilakukan secara teratur mampu membantu anak lebih fokus dan memiliki daya ingat yang lebih baik, jika dibandingkan dengan anak yang tidak tidur siang.

Berdasarkan hasil dari penelitian tersebut, anak-anak mampu mengingat 10% lebih banyak setelah tidur siang. Maka tak heran jika kegiatan yang satu ini, mampu mendukung proses belajar sang buah hati jauh lebih baik.

Demikian informasi seputar manfaat tidur siang untuk kesehatan anak, semoga ulasan ini dapat memberi manfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan

Makna Lagu Cicak-Cicak di Dinding

Rekomendasi Dongeng Anak