Mengulik Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Anak

 


Buah dengan rasa yang manis dan menyegarkan ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan anak, loh. Ingin tahu apa saja, berikut penjelasannya.

Buah naga merupakan buah tropis yang berasal dari pohon kaktus. Buah dengan kulit luar berwarna merah tebal dengan sisik berwarna hijau seperti naga ini mengandung vitamin A, vitamin C, fosfor, zat besi, kalsium, dan antioksidan lainnya yang mampu menjaga kesehatan tubuh sang buah hati.

Daging buah naga biasanya berwarna putih, kuning, merah muda, hingga merah tua. Warna pada buah yang satu ini tergantung pada varietas buah naga tersebut. Selain itu, buah naga juga termasuk ke dalam buah yang asli dibudidayakan secara komersial di Asia Tenggara, hal ini membuat buah yang satu ini mudah diperoleh.

Lantas, apa sih manfaat buah naga untuk kesehatan anak? Yuk simak ulasan berikut hingga tuntas.

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Anak

1. Melancarkan Pencernaan

Sebuah studi Electronic Journal of Biotechnology, menyebutkan bahwa buah naga merupakan salah satu buah sumber prebiotik alami yang baik untuk perkembangan bakteri baik di dalam usus, serta melancarkan pencernaan pada anak.

Selain itu, buah yang termasuk ke dalam golongan kaktus ini juga mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga mampu mencegah risiko sembelit pada anak.

2. Perkembangan Kulit dan Mata

Daging dan biji buah naga mengandung nutirisi penting untuk tubuh, seperti PUFA (asam lemak tak jenuh ganda), vitamin C, fosfor, kalsium, dan zat besi. Nutrisi-nutrisi tersebut tentu sangat baik untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan sang buah hati.

Selain itu, vitamin A atau beta karoten yang terdapat dalam buah naga juga dapat menjaga kesehatan mata dan perkembangan kulit pada sang buah hati. Sedangkan kandungan fosfor yang terdapat dalam buah naga dapat menjaga keseimbangan elektrolit pada tubuh serta menjaga kesehatan tulang.

3. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Seperti yang telah dijelaskan diatas, buah naga mengandung Vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan vitamin C pada buah naga ini berperan penting untuk meningkatkan serta menjaga daya tahan tubuh anak. Selain itu, kombinasi vitamin C dan zat besi pada naga mampu meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan.

4. Mencegah Anemia

Seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya, kombinasi antara vitamin C dan zat besi pada buah naga mampu membantu mempercepat proses penyerapan zat besi dari makanan. Zat besi ini sangat penting untuk anak karena zat besi merupakan komponen utama untuk membentuk senyawa hemoglobin.

5. Sumber Antioksidan

Antioksidan berperan penting untuk menangkal radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh anak dari kerusakan yang dapat memicu terjadinya beragam jenis penyakit kronis, seperti kanker. Tak sampai disitu, antioksidan juga mampu mencegah terjadinya peradangan pada tubuh anak. Nah, bunda bisa memberikan buah naga sebagai sumber alternatif antioksidan yang baik untuk sang buah hati.

Walau memiliki banyak manfaat, buah naga dapat menimbulkan alergi pada sebagian orang. Bila anak mengalami gatal, ruam kulit, atau bengkak pada area mulut setelah mengonsumsi buah naga, segera hentikan pemberian buah naga pada anak.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan

Makna Lagu Cicak-Cicak di Dinding

Rekomendasi Dongeng Anak