6 Jenis Makanan Untuk Mencerdaskan Otak Anak


Masa pertumbuhan dari bayi hingga remaja merupakan waktu yang paling tepat untuk merangsang perkembangan anak, termasuk perkembangan kecerdasan otaknya.
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kecerdasan anak, mulai dari fator lingkungan, keturunan, dan tentu faktor asupan makanan yang ia peroleh.

Jika ingin si kecil tumbuh menjadi anak yng cerdas, penting untuk memperhatikan asupan makanan untuk mendukung tumbuh kembang otak anak.
Berikut makanan terbaik yang bisa merangsang perkembangan dan kecerdasan otak anak.

Makanan Untuk Kecerdasan Otak Anak 

1. Susu dan Produk Turunannya

Susu ASI ataupun susu formula merupakan minuman sehat yang kaya akan sumber nutrisi seperti protein, kalsium, kalium, vitamin B dan D yang berperan sebagai nutrisi penting yang berperan dalam pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan juga enzim.

2. Buah Beri

Buah-buahan jenis beri seperti strawberry, blueberry dan sebagainya mengandung banyak nutrisi yang penting untuk perkembangan otak.
Bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa strawberry dan blueberry dapat memperbaiki fungsi daya ingat otak, sehingga dapat meningkatkan kemamuan daya ingat anak.
Biji buah beri ternyata juga mengandung asam lemak omega 3 yang selama ini sudah dikenal sebagai salah satu nutrisi yang berperan dalam perkembangan kecerdasan anak.
Terkandung antioksidan dan vitamin C di dalamnya. Selain itu juga dapat mengurangi stres serta berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit yang berbahaya seperti kanker.

3. Telur

Telur merupakan sumber protein yang paling mudah di dapatkan dan mudah diolah. Selain harganya yang murah, telur juga dapat divariasikan menjadi berbagai makanan yang menarik untuk anak.
Kuning telur mengandung kolinyang dapat membantu perkembangan otak, terutama untuk perkembangan daya ingat.
Zat ini dapat meningkatkan produksi sel induk memori di otak, dan juga membuat anak tidak mudah lelah.
Namun mengonsumsi telur juga tidak boleh terlalu sering, usahakan cukup berikan satu butir telur kepada si anak di setiap harinya.
Karena kuning telur juga mengandung kolestrol yang baik bagi kesehatan si kecil jika dikonsumsi secara berlebihan.

4. Kacang

Berikan cemilan seperti kacang-kacangan. Kacang merupakan salah satu makanan yang kaya akan vitamin E dan Antioksidan yang berperan sebagai pelindung sel-sel otak terhadap radikal bebas.
Selain baik untuk kemampuan berfikir, kacang juga bisa menjadi sumber energi yang baikkarena kandungan vitamin E di dalamnya dapat mengubah glukosa menjaadi energi yang dibutuhkan ole tubuh.
Diketahui bahwa kacang merah mengandung banyak asam lemak omega 3, khususnya ALA yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak.

5. Gandum Utuh dan Beras Merah

Beras merah dan gandum (oat meal) utuh mengandung karbohidrat kompleks. Terbukti mengandung glukosa dan vitamin B yang baik untuk kecerdasan otaknya karena berfungsi memelihara sistem saraf.
Pembahasan ini berarti vitamin B berfungsi dalam meningkatkan aliran darah ke seluruh sistem saraf, yang beguna untuk memberikan pasokan keseluruh organ tubuh yang aktif, salah satunya otak.
Kandungan serat yang tinggi pun sangat baik bagi kesehatan anak, terutama pada sistem pencernaan.
Mulalah mengganti nasi putih yang biasa dengan oat meal, agar nutrisi yang dibutuhkan oleh otak dapat terpenuhi.
Selain oat mela bisa digantikan dengan sereal dengan campuran susu putih atau susu cokelat yang biasanya lebih digemari oleh anak-anak.

6. Ikan

Semua jenis ikan terutama salmon memang sangat baik untuk perkembangan dan kecerdasan otak anak. Tidak heran jika banyak produsen yang mengeluarkan produk untuk perkembangan anak, menggunakan bahan ikan. Seperti minyak ikan salah satunya.
Sudah diteliti bahwa mengonsumsi ikan akan memiliki daya ingat dan kemampuan nalar yang lebih tajam dibandingkan dengan anak yang tidak mengonsumsi ikan.
Selain tinggi protein, salmon juga mengandung DHA dan EPA yang merupakan sumber utama asam lemak omega 3.

Nah, itu dia beberapa jenis makanan yang bisa membantu perkembangan otak anak. Boleh digunakan dengan campuran yang lain, semoga artiel ini bisa membantu para ibu-ibu diluar sana ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan

Makna Lagu Cicak-Cicak di Dinding

Rekomendasi Dongeng Anak