Orang Tua Wajib Tahu, Tips Mendidik Anak Agar Tidak Manja

 


Mendidik adalah usaha untuk mengantarkan anak didik kearah kedewasaan baik secara jasmani dan rohani. Mendidik bisa diartikan sebagai upaya pembinaan secara personal, sikap mental serta akhlak anak.

Setiap orang tua tentu mengharapkan anaknya tumbuh menjadi anak mandiri, baik dan memilki sopan santun. kebanyakan orangtua akan melakukan segalnya demi membahagiakan anak anak mereka dengn memberikan segalanya yang mereka inginkan, namun ternyata hal tersebut tidak selalu baik dalam  proses mendidik anak agar tidak manja


Lalu apa saja yang dapat kita lakukan untuk mendidik anak agar tidak manja, simak penjelasan berikut.


1. Konsisten Dalam Menegakkan Peraturan

Anak perlu sekali untuk belajar mengenai peraturan dan konsekunsi jika ia melanggar peraturan tersebut. Apapun peraturannya Anda harus bisa mengajak anak untuk bisa meneggakan peraturan tersebut. Jangan sampai aturan bubar karena Anda goyah ketika si kecil merengek. Anda bisa konsisten dalam hal ini anak akan menghargai peraturan, bekerja sama daan tumbuh menadi anak disiplin.


2. Beri Kasih dan perhatian

Seorang anak akan merasa nyaman dan tenang  apabila orang tua mereka menunjukkan kasih dan perhatian pada saat anak memang membutuhkan hal itu. Kepedulian orang tua dalam hal sekecil apapun bisa membantu orang tua dalam mendidik anak. Perhatian bukan berarti berbicara tentang bagaimana anda sebagai orang tua bisa memberikan materi atau barang-barang kesukaan anak, tetapi juga dalam tindakan, misalnya yang dapat Anda lakukan adalah ketika anak Anda belajar, saat itulah anda bisa menunjukkan perhatian dan kasih Anda dengan cara menemani mereka, walaupun hanya sekadar duduk di sebelah mereka.

 

3.  Tidak Selalu Turun Tangan

Anda Harus mengetahui kegiatan anak yang perlu dibantu dan yang mana kegiatan yang bisa ia lakukan sendiri. Terlalu banyak mendaptkan bantuan dari oraantua akan membuat anak menjadi bergantung dan manja kepada orangtua.


4. Ajar Anak Untuk selalu Berbuat Jujur

Jangan sekali sekali kali memberikan contoh anak anda untuk bohong. Ajar mereka untuk terbuka dalam segala hal. baik perasaan yang dia rasakan,  dan masalah  masalah apa yang sedang mereka  hadapi. Jangan biarkan ia tertutup soal perasaann mereka kepada anda.


 

5. Jelaskan Kesalahan Mereka Pada Saat Ia  Merasa Tenang

Jelaskan kepada mereka kesalahan dan pernbuatan apa saja yang  tidak anda sukai kepada dia  dengan lembut tanpa emosi . Dengan hal ini  ia akan lebih memahami letak kesalahn yang dia lakukan.


Nah itu dia sobat bloger tips bagaimana cara agar anak tidak manja.  Menjadi orangtua merupakan peranan yang tidak mudah, walapun begitu kita harus selalu berusaha untuk mendidik anak kita dengan baik. Agar kedepannya dia tumbuh menjadi anak yang berguna bagi orang sekitarnya.

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan

Makna Lagu Cicak-Cicak di Dinding

Rekomendasi Dongeng Anak