Jangan Sampai Salah Pilih, Ini Tips Memilih Susu Formula yang Baik Untuk Bayi

 


Air Susu Ibu atau biasa disingkat ASI merupakan asupan makanan yang terbaik untuk bayi. ASI mengandung nutrisi lengkap yang penting untuk membantu tumbuh kembang sang buah hati. Selain itu, ASI juga mengandung beberapa nutrisi yang tidak bisa kamu temukan dari makanan lain. Namun, bagaimana jika ASI yang diproduksi tidak mampu mencukupi kebutuhan sang buah?

Hal ini tentu mengharuskan para orang tua untuk memberikan susu tambahan kepada sang buah hati. Walau nutrisi yang ada dalam susu formula diharapkan mampu membantu memenuhi kebutuhan nutrisi sang buah hati. Namun, para orang tua tetap harus pintar-pintar dalam hal menentukan susu yang tepat untuknya.

Agar tidak keliru dalam memilih susu formula yang terbaik untuk sang buah hati, berikut kami telah merangkum beberapa tips memilih susu formula yang baik untuk sang buah hati.

Tips Memilih Susu yang Baik Untuk Bayi

Dikarenakan pencernaan bayi masih belum dapat mencerna makanan dengan sempurna. Maka diharapkan, para orang tua lebih teliti lagi dalam menentukan susu yang baik untuknya. Adapun tips memilih susu yang baik untuk bayi, antara lain :

1. Periksa Kandungan dalam Susu

Langkah pertama dalam menentukan susu yang baik untuk sang buah hati adalah dengan cara melihat kandungan yang ada dalam susu formula tersebut. Selain itu, para orang tua juga harus memperhatikan bahan pembuatan susu formula tersebut.

Pada umumnya, semua susu formula akan mengandung zat besi, probiotik, prebiotik, DHA, dan ARA. Tidak sampai disitu, para orang tua juga harus memperhatikan jumlah kandungan gula yang terdapat dalam susu formula tersebut. Akan lebih baik jika, susu formula yang diberikan untuknya mengandung gula yang lebih rendah.

Hal ini bertujuan untuk menghindari sang buah hati dari risiko terkena obesitas.

2. Pilihlah Susu Formula yang Terbuat Dari Susu Sapi

Seperti yang telah dijelaskan di atas, ASI merupakan makanan terbaik untuk bayi. Nah, susu formula yang terbuat dari susu sapi mengandung jumlah protein yang tidak jauh dari ASI. Hal ini tentu akan sangat baik untuk membantu tumbuh kembang sang buah hati.

Selain itu, susu formula yang terbuat dari susu sapi juga lebih mudah untuk dicerna oleh anak dan tidak menimbulkan efek samping jika dikonsumsi dalam keadaan perut kosong. Namun, terkadang ada anak yang alergi dengan susu sapi.

Untuk mengatasinya, para orang tua bisa memilih susu formula yang terbuat dari kacang kedelai (susu soya) atau susu Protein Hidrolisa Parsial (PHP).

3. Perhatikan Jenis Protein

Jenis protein juga merupakan salah satu tips memilih susu formula yang baik untuk bayi. Jenis protein yang paling disarankan adalah Whey. Namun, para orang tua juga bisa memilih susu formula yang menggabungkan dua jenis protein, yaitu kasein, dan whey, dengan perbandingan 40 : 60.

4. Pilih yang Sesuai dengan Usia Bayi

Tips memilih susu formula yang baik selanjutnya adalah memilih susu formula yang sesuai dengan usia bayi. Pasalnya, susu formula untuk bayi yang baru lahir mengandung vitamin dan mineral yang berbeda dari susu formula yang diracik untuk anak berusia 6 bulan.

5. Perhatikan Tanggal Kadaluarsa

Seperti yang kita ketahui, semua produk yang telah melewati batas tanggal konsumsi akan menimbulkan masalah kesehatan bagi orang yang mengonsumsinya. Maka, tanggal kadaluarsa pada susu formula bayi juga memegang peranan penting untuk menentukan susu yang baik untuk bayi.

Selain itu, ketika hendak membeli susu formula untuk sang buah hati, para orang tua juga perlu memperhatikan keadaan segel pada kemasan susu, apakah masih tersegel dengan baik atau tidak. Pasalnya, kemasan yang telah rusak juga bisa berpengaruh terhadap kualitas susu formula tersebut.

Itulah beberapa tips menentukan susu formula yang baik untuk bayi. Semoga membantu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan

Makna Lagu Cicak-Cicak di Dinding

Rekomendasi Dongeng Anak