Tips Mengajari Anak Bahasa Inggris Sejak Kecil

Tips Mengajari Anak Bahasa Inggris Sejak Kecil

Bahasa Inggris merupakan bahasa persatuan yang digunakan seluruh dunia untuk berkomunikasi pada lingkup internasional.

Dalam kata lain ke negara apa pun kita pergi, tetaplah bahasa Inggris yang digunakan untuk berkomunikasi dengan penduduk sekitar.

Oleh sebab itu, bahasa ini sangat dianjurkan untuk dikuasai oleh setiap orang. Akan tetapi, karena kita berada dilingkungan yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari.

Maka penggunaan kata ini menjadi sangat sulit untuk dipelajari, khususnya bagi anak-anak. Tapi bunda tidak perlu khawatir, berikut ini kami akan berbagi beberapa tips agar anak dapat menguasai bahasa Inggris dengan mudah.

1. Mengajarinya Sejak Dini

Seorang ahli terapi bahasa dari Child Mind Institute, menyarankan agar mengajari anak menggunakan bahasa Inggris sejak dini walaupun bahasa utamanya belum terlalu lancar.

Selanjutnya ia juga menambahkan bahwa menunggu anak hingga berbicara menggunakan bahasa utamanya lancar, ini hanya akan membuang waktu yang cukup lama.

Padahal menurut penelitian yang ada, anak-anak sebenarnya bisa mempelajari lebih dari satu bahasa sekaligus ditambah lagi rasa ingin tahu yang besar membuatnya semangat dalam mencoba hal-hal baru.

Selain itu, seiring bertambahnya usia pada si kecil, bahasa utamanya akan semakin mengental. Akibatnya, anak mungkin menjadi lebih sulit menerima bahasa baru.

Jika anak sudah dibiasakan menggunakan bahasa Inggris sejak kecil, kemungkinan lidahnya menjadi terbiasa dalam melafalkan kata-kata yang ada. Sehingga anak akan lebih fasih saat berbicara.

2. Membiasakannya Saat Berkomunikasi Sehari-Hari

Bahasa merupakan salah satu cara manusia untuk berkomunikasi. Oleh karena itu, cara terbaik untuk mengajari anak bahasa Inggris adalah dengan menggunakannya dalam komunikasi sehari-hari.

Cobalah lebih sering bercakap-cakap dengan anak menggunakan bahasa asing. Lama kelamaan, ia menjadi terbiasa dan mampu berkomunikasi dalam bahasa tersebut secara otomatis.

Awali dengan menggunakan kata-kata yang mudah terlebih dahulu, namun ucapkan secara berulang kali disetiap kesempatan yang ada.

3. Menggunakan Teknologi Sebagai Media Pendukung

Sebenarnya berbagai teknologi yang ada akan memberikan dampak sesuai dengan arah pemakaian si pengguna sendiri.

Contohnya gadget, walaupun sering memberikan dampak buruk, tapi jika digunakan kearah yang benar maka manfaat kemajuan teknologi yang satu ini juga sangat membantu lo bunda.

 Salah satunya pemanfaatan fasilitas internet, ternyata pelayanan yang satu ini dapat mempermudah para orangtua untuk mengajari anak berbahasa Inggris sejak dini.

Bunda dapat dengan mudah mencari gambar-gambar dan video-video menarik dalam bahasa Inggris. Dengan begitu, si kecil akan menjadi lebih tertarik dan bersemangat untuk belajar.

4. Meluangkan Waktu Khusus Untuk Belajar Bersama Anak

Selain menggunakan dalam percakapan sehari-hari, ayah dan bunda juga sangat disarankan pula untuk meluangkan waktu khusus untuk belajar bahasa Inggris, walaupun cuma sebentar namun harus rutin setiap harinya.

Saat belajar, orangtua tidak hanya harus berpatokan pada buku ya. Agar lebih menarik, kamu bisa menggabungkannya dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan.

Contohnya seperti belajar sambil bermain games atau bisa juga dengan menggunakan vidio berbahasa Inggris sebagai media belajar agar lebih menarik saat ditonton bersama-sama.

5. Biasakan Berbicara Dengan Kosa Kata yang Jelas

Saat berbicara dalam bahasa Inggris dengan anak, cobalah sampaikan perkataan dengan cara perlahan dan jelas agar si kecil lebih mudah memahaminya.

Selain itu, cara ini juga dapat membuat daya ingat si kecil lebih baik sekaligus pelafalan yang akan biasa diucapakannya juga akan lebih baik.

Disaat anak memasuki masa sekolah, si kecil akan lebih mudah belajar membaca dan menulis dalam bahasa tersebut.

Nah itulah 5 tips mudah mengajari anak bahasa inggris sejak kecil yang dapat ayah dan bunda coba dirumah.

Seperti yang kita tahu bahwa, bahasa lebih mudah dikuasai jika sudah dibiasakan. Maka mengandalkan guru di sekolah saja tidak akan bisa membuat anak terbiasa.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan

Makna Lagu Cicak-Cicak di Dinding

Rekomendasi Dongeng Anak