Rekomendasi MPASI Penambah Berat Badan Bayi

 


Ibu mana yang tidak merasa cemas ketika melihat berat badan buah hatinya kurang? Kondisi ini tentu dapat dibantu dengan MPASI padat gizi untuk menambah berat badan bayi. Apalagi mengingat bahwa ia telah memasuki usia siap makan.

Saat merencanakan menu MPASI, bunda perlu memperhatikan jumlah nutrisi yang terkandung dalam MPASI, apakah sesuai dengan kebutuhan nutrisi sang buah hati.

Sebagai rekomendasi yang kami harapkan dapat membantu bunda dalam menghadapi masalah berat badan pada si kecil, berikut telah kami rangkum beberapa menu MPASI penambah berat badan yang baik untuk si kecil.

Rekomendasi MPASI Penambah Berat Badan Bayi

1. Pisang





Pisang merupakan sumber energi dan karbohidrat alami yang dapat menambah berat badan bayi. Dalam 100 gr buah pisang, terdapat 105 kalori. Maka tak heran, jika buah yang satu ini dapat menjadi salah satu menu MPASI yang mampu manambah berat badan pada bayi.

Bunda dapat memberikan buah pisang dalam bentuk potongan atau menjadikannya campuran milkshake, selain itu bunda juga bisa membuatnya menjadi smoothie pisang yang lezat.

2. Ubi Jalar




Ubi jalar kaya akan vitamin A, C, B6, fosfor, kalium, dan mangan. Semua nutrisi tersebut dapat membantu memenuhi nutrisi pada sang buah hati serta menambah berat badan bayi. Ternyata ubi jalar tidak hanya kaya akan nutrisi, ubi jalar juga kaya akan serat yang baik untuk pencernaan bayi.

Selain itu, umbi-umbian yang satu ini juga mudah untuk diolah. Bunda cukup merebus atau mengukusnya dan kemudian menghaluskannya sebelum diberikan kepada sang buah hati.

3. Alpukat




Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, alpukat merupakan makanan sehat yang ideal untuk balita dan anak-anak. Selain itu, alpukat juga kaya akan vitamin B6, E, C, K, folat, serat makanan, zat besi, asam pantotenat dan tinggi lemak.

Maka tak heran jika buah yang satu ini dapat menjadi pilihan terbaik bunda untuk menu MPASI sang buah hati.

4. Kentang




Kentang juga bisa menjadi makanan MPASI penambah berat badan yang baik untuk sang buah hati. Pasalnya, kentang mengandung karbohidrat yang tinggi serta vitamin C, B10, fosfor, dan mangan yang baik untuk menambah berat badan bayi.

Bunda dapat memberikannya dengan cara direbus atau dikukus terlebih dahulu, lalu menjadikannya sebagai pure kentang yang lezat untuk si kecil.

5. Selai Kacang




Kacang tidak hanya padat nutrisi dan kaya akan lemak sehat, kacang juga mengandung zat besi , protein, serat, folat serta kalsium yang baik untuk menambah berat badan bayi. Selain baik untuk menambah berat badan sang buah hati, kandungan seng yang ada pada kacang juga mampu menambah kecerdasan otak bayi.

Selain itu, American Academy of Allery, Asthma, and Immunology juga merekomendasikan pemberian kacang kepada sang buah hati untuk membantu mencegah alergi makanan di masa yang akan datang.

Walaupun baik untuk menambah berat badan bayi, bunda juga perlu memperhatikan kebersihan, kematangan, serta porsi yang akan diberikan kepada si kecil. Segala yang berlebihan tentu tidak akan baik untuk kesehatan.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan

Makna Lagu Cicak-Cicak di Dinding

Rekomendasi Dongeng Anak