11 Rekomendasi Kado Untuk Anak 5 Tahun

 


Kamu lagi mencari kado ulang tahun untuk Si Kecil yang baru menginjak usia 5 tahun? Jangan khawatir karena di usia ini, banyak jenis kado yang bisa diberikan dan bermanfaat untuk Si Kecil.

Memasuki usia 5 tahun, anak mulai suka eksplorasi dengan lingkungan sekitarnya. Mereka juga senang bermain dengan teman sebaya.

Biasanya, anak-anak akan dibelikan kado seperti mainan, atau alat tulis atau alat karaoke mini buat si anak mendengarkan musik atau memutar lagu chord satu rasa cinta. Kamu dapat mencari ide kado ulang tahun untuk anak 5 tahun yang lebih bermanfaat.

Dalam memilih jenis kado, kamu sebaiknya melihat perkembangan anak seusianya. Carilah mainan yang dibutuhkan anak untuk menunjang kemampuan motorik, sensorik, dan sosialnya. Lalu apa saja rekomendasi kado untuk anak 5 tahun?

Berikut ini beberapa rekomendasi kado untuk anak 5 tahun.

Ide kado ini tidak selalu mainan, sehingga kamu dapat memilih kado yang lebih bermakna dan berguna untuk Si Kecil, ya.

1.       Terrarium

Rekomendasi kado untuk anak 5 tahun yang pertama adalah terrarium.  Kado ini memberikan manfaat untuk mengajari anak tentang tanaman.

Kado ulang tahun anak 5 tahun berguna  ini untuk merangsang otak anak dalam kreativitas bercocok tanam dan mengatur posisi tanaman di dalam sebuah wadah.

"Peralatan sains seperti ini adalah pilihan bagus untuk anak berusia 5 tahun sebagai kado ulang tahun," kata Tovah Klein, penulis "How Toddlers Thrive" dan spesialis perkembangan anak.

2.       Mainan balok

Rekomendasi kado anak 5 tahun yang kedua adalah mainan balok. Karena rasanya, hampir semua anak-anak menyukai permainan dengan menggunakan balok. Mainan balok bisa menjadi ide menarik untuk kado ulang tahun anak 5 tahun.

Dalam American Journal of Play, pemberian mainan seperti blok bangunan, mainan konstruksi, permainan kartu dan papan, bermanfaat untuk anak-anak sehingga ia siap belajar matematika, dan mengerti tentang dunia berhitung.

Kamu bisa membeli mainan balok biasa, atau kalau perlu dapat membeli mainan Lego dengan bentuk karakter tertentu seperti superhero, atau karakter anak-anak.

Kado ulang tahun anak 5 tahun ini cukup digemari karena warna yang mencolok dan bentuk yang beraneka ragam menarik perhatian Si Kecil.

3.       Buku Cerita

Rekomendasi kado anak 5 tahun  yang ketiga adalah buku ceita. Tentunya kalian telah mengetahui bahwa buku dapat meningkatkan imajinasi anak serta pengetahuannya.

Sehingga buku bisa selalu menjadi pilihan hadiah yang tepat dan bermanfaat bagi anak. Khususnya di usia 5 tahun untuk menumbuhkan minatnya membaca.

Kamu bisa memberikan kado pada anak buku-buku cerita bergambar dengan warna yang menarik, atau dengan tambahan boneka didalamnya agar anak menjadi semakin giat membaca.

Selain itu, kamu juga bisa mengajarkan pada anak nilai-nilai moral kehidupan dari buku cerita yang diberikan.

4.       Peralatan Seni

Alat-alat seni juga bisa menjadi rekomendasi kado untuk anak 5 tahun. Menggambar, mewarnai, bermain tanah liat merupakan kegiatan yang disukai oleh anak-anak dari segala usia.

Selain menyenangkan, aktivitas ini juga bisa membantu anak melatih kreativitas serta imajinasinya.Kamu juga bisa mengenalkan anak pada berbagai macam warna, bentuk, serta komposisi dari belajar melukis, mewarnai, serta bentuk-bentuk dari tanah liat.

Berikan kado berupa seperangkat krayon, cat air, kanvas/buku gambar, spidol, tanah liat, kuas, dan lain-lain.

5.       Slime

Mainan slime kini sedang menjadi tren di semua kalangan usia. Nah, mainan ini cocok banget dijadikan rekomensi kado untuk anak 5 tahun, karena kado ini bisa juga dimainkan bersama Bunda loh.

Slime memiliki segudang manfaat untuk perkembangan anak terkhususnya anak 5 tahun lho. Ketika membuat slime, Bunda bisa mengajari anak untuk teliti dan detail. Saat bermain bersama, bonding antara orang tua dan anak pun bisa tercipta.

Saat membuat slime, indra penciuman, peraba, dan pendengaran anak bisa diasah. Ketika indra dilibatkan, anak bisa mudah fokus dan merasa tenang.

Slime juga merupakan permainan sensorik yang bisa meningkatkan perkembangan motorik dan kognitif anak. Membuat slime bisa menjadi aktivitas menyenangkan untuk mengistirahatkan otak.

6.       Kalkulator Mainan

Rekomendasi kado anak 5 tahun  bikuya adalah kalkulator mainan. Kalkulator mainan biasanya dijual satu set dengan uang mainan. Melalui permainan ini, Si Kecil bisa bermain peran sebagai kasir dan penjual dengan Bunda atau teman sebayanya.

Anak 5 tahun biasanya mulai belajar matematika dasar di sekolah PAUD atau TK. Mereka suka bermain peran sebagai pedagang dengan uang palsu.

Memberikan hadiah ini bisa mengasah kemampuan anak untuk belajar berhitung dan percaya diri. Bunda juga dapat membiasakan anak untuk mengelola keuangannya sejak dini.

7.       Puzzle

Rekomendasi kado anak 5 tahun seterusnya adalah puzzle. Potongan gambar dan bentuk yang beraneka ragam ini berguna untuk melatih kecerdasan otak anak dalam mencari pasangan bentuk.

Anak akan ditantang untuk menyelesaikan masalah dengan mandiri yakni mencari bentuk gambar yang sama dalam menyusun puzzle.

Mainan ini sangat cocok untuk anak seusia 5 tahunan agar ia terlatih dalam menghadapi masalah di masa kelak.

Puzzle dengan warna mencolok bisa kamu pilih agar anak lebih semangat dan tertarik untuk memainkannya.

8.       Peralatan Makan

Selain mainan, peralatan makan bisa menambah daftar rekomendasi kado anak 5 tahun.

Ketika di seusia ini anak sedang tinggi-tingginya nafsu makan, berikan alat makan yang lucu dan unik sesuai karakter kesukaannya.

Sudah banyak alat makan untuk anak-anak yang berkarakter lucu sehingga menarik perhatian anak untuk makan.

Peratalan makan ini biasanya tersusun dari gelas, mangkuk, piring, sendok dan garpu. Cukup lengkap sekali bukan?

9.       Alat Musik

Ketika anak suka bermain musik, kamu bisa lho memberikan alat musik sebagai kado anak 5 tahun.

Alat musik seperti ukulele, pianika, suling atau drum mini bisa menjadi salah satu ide untuk melatih kreativitas anak bermain musik.

Apalagi di era modern ini, musik menjadi salah satu yang digemari anak kecil ketika sedang menonton video anak-anak yang dilengkapi musik unik.

Dengan anak mengenal musik sejak dini, ini akan memudahkan ia untuk mengetahui bakatnya di bidang musik.

10.   Sepeda

Kamu tidak ingin si kecil hanya duduk menatap layar smartphone saja bukan? Rekomendasi kado anak 5 tahun yang cocok untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memberikan sepeda.

Dengan memberikan kado ini, kamu bisa dapat membuatnya bergerak aktif di luar ruangan. Tentu akan membuat si kecil lebih sehat dan aktif.

Sepeda juga dapat menjadi alat transportasi. Cocok untuk mengantarkannya ke sekolah atau tempat les yang berlokasi tak jauh dari rumah.

11.   Peralatan Olahraga

Untuk anak yang aktif, peralatan olahraga tentu sangat cocok untuk menjadi rekomendasi anak 5 tahun. Karna ini akan membantunya menghabiskan energi dengan cara positif.

Kamu bisa membeli peralatan olahraga yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Misalnya, untuk anak yang gemar berenang, berikan perlengkapan renang, mulai dari baju renang, kacamata renang, hingga topi renang.

Atau jika anak senang bermain sepak bola, berikan perlengkapan mendukung seperti jersey atau sepatu bola. Hadiah ulang tahun ini efektif membuat anak lebih aktif, bahkan bisa saja mencetak prestasi. 

Nah, itu dia, rekomendasi kado anak 5 tahun tahun yang bisa menjadi pilihan. Sekarang sudah tidak bingung lagi, kan? Selamat berburu, ya!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama