Simak, Ini Cara Ampuh Agar Anak Tidak Terkena Demam Berdarah

 

Hai hai sahabat… Ingin punya anak yang sehat dan bebas dari penyakit apapun? Yuk simak langsung cara ampuh supaya anak tidak terkena demam berdarah.

Demam berdarah disebabkan oleh empat virus yang disebarkan oleh nyamuk genus Aedes atau Aedes aegypti. Nyamuk ini biasanya hidup dan berkembang biak di daerah tropis dan subtropic di seluruh dunia. Saat nyamuk Aedes mengigit seseorang yang terinfeksi virus dengue, maka nyamuk tersebut bisa membawa virus dan menyebarkannya ke orang lain.

Nah, jika nyamuk sudah menggigit atau mengisap darah orang lain, maka orang tersebut bisa terinfeksi demam berdarah. Virus tidak dapat menyebar langsung dari orang ke orang. berdasarkan beberapa kasus yang pernah terjadi, demam berdarah bisa menyebabkan bentuk penyakit yang lebih serius yang disebut demam berdarah dengue (DBD). Perlu diwaspadai bahwa DBD dapat mengancam jiwa dan harus mendapatkan penanganan medis.

Cara Mencegah Infeksi Demam Berdarah pada Anak

Ada pepatah yang mengatakan, mencegah lebih baik daripada mengobati, termasuk dalam kasus demam berdarah. Penyakit ini jika terkena pada anak akan bisa menjadi sangat berbahaya. Untuk itu, ada beberapa dongeng sebelum tidur dan cara agar anak menyukai game offline terbaru 2022 serta tidak digigit nyamuk yang membawa virus dengue. Beberapa cara ini bisa dilakukan orang tua salah satunya Yesaya Abraham untuk melindungi diri, anak, dan keluarga:

  • Genangan air adalah tempat nyamuk untuk berkembang biak. Jadi, singkirkanlah genangan air di sekitar rumah serta lingkungan perumahan. Bila perlu, adakan kegiatan gotong-royong untuk membersihkan lingkungan perumahan.
  • Buang benda apapun, seperti cangkir bekas, ember, baskom pot, dan benda bekas lainnya yang dapat menampung air.
  • Untuk genangan air yang tidak dapat dihilangkan, seperti saluran air, air mancur, dan kolam ikan, orangtua dapat menambahkan sedikit minyak tanah ke dalam air untuk mencegah nyamuk bertelur di dalamnya. Minyak tanah beracun bagi nyamuk. Ia dapat mengapung di atas air dan mencegah oksigen masuk ke dalam air, sehingga membunuh larva yang menetas
  • Lakukan difumigasi oleh ahli pengendalian hama. Pastikan keluarga tidak ada di dalam rumah ketika ini dilakukan, karena asapnya bisa berbahaya.
  • Untuk keselamatan pribadi, mintalah anak dan anggota keluarga lain untuk mengenakan pakaian yang menutupi seluruh tubuh. Pakaian yang dapat dikenakan adalah baju lengan panjang dan celana lengan panjang, serta kaus kaki dan sarung tangan jika cuaca memungkinkan.
  • Pastikan anak dan setiap anggota keluarga melakukan praktik kebersihan dasar seperti mandi dua kali sehari. Karena bau badan dapat menarik nyamuk.
  • Gunakan kelambu saat tidur, bahkan di siang hari. Ini adalah cara alternatif yang aman.
  • Gunakan losion antinyamuk. Pastikan losion aman untuk digunakan anak-anak.
  • Pasang jaring nyamuk pada kusen jendela dan pintu untuk mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah.
  • Kurangi waktu berada di luar rumah selama musim hujan. Jika harus keluar, hindari area dengan dedaunan lebat dan banyak air tergenang.

Penyakit demam berdarah merupakan penyakit yang tersebar di seluruh dunia. Maka dari itu, sangat penting bagi orangtua untuk mengetahui kebugaran jasmani dan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan untuk mencegah anak tertular penyakit demam berdarah. Semoga artikel kali ini bisa membantu kita semua untuk mengatasi demam berdarah ya! 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama