Tips dan trik Cara Membuat Susu Formula Untuk Anak 1 Tahun Yang Benar


Idealnya, bayi mendapatkan ASI ekslusif sejak baru lahir sampai usianya 6 bulan. Namun, dalam beberapa kondisi tertentu, pemberian ASI untuk bayi tidak memungkinkan sehingga perlu diganti dengan susu formula.

Sama seperti ASI, penyajian susu formula untuk bayi tidak boleh sembarangan. Maka itu, penting bagi Anda untuk membuat sus formula bayi dengan cara yang benar, aman, dan higenis.

Namun saying cara membuat susu formula yang benar sering kali dianggap sepele. Padahal, mencampur susu formula dengan terlalu banyak air juga bisa sangat berisiko.

Menurut Dyan Hes, dokter anak dari Gramercy Pediatrics di New York, jika kamu mengencerkan susu formula dengan lebih banyak air.

Susu akan mengandung lebih sedikit kalori per ons dan tidak memberikan kalori yang cukup untuk bayi berkembang. Bahkan dapat menyebabkan kejang dan kerusakan otak.

Karenanya, jangan buru-buru menyalahkan susu formula ketika Si Kecil mengalami diare atau muntah setelah mengonsumsinya.

Bisa jadi, cara kamu menyiapkan susu formula itulah yang salah. Sehingga menyebabkan susu formula terkontaminasi dan menyebabkan gangguan pencernaan pada Si Kecil.

Lantas, bagaimana cara membuat susu formula untuk anak 1 tahun yang benar? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.



1.       Periksa kemasan susu formula jangan sampai kadaluwarsa

Cara membuat susu formula untuk anak 1 tahun yang benar adalah selalu periksa kemasannya.

Susu formula seringkali dibeli dalam jumlah banyak sekaligus. Tapi, pastikan saja setiap kali hendak membuka kemasan baru, susu formula tersebut belum melampaui tanggal kedaluwarsanya.

Kualitas, penampilan, serta kandungan nutrisi susu formula yang telah lewat dari tanggal kedaluwarsanya akan menurun.

Jangan ragu untuk membuangnya atau kamu bisa mencoba menghubungi produsen susu formula tersebut untuk menanyakan kemungkinan penukaran produk.

2.       Cuci tangan

Langkah terpenting dan terlihat sepele dan kerap sering diabaikan adalah mencuci tangan.

Pastikan Anda selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir terlebih dahulu sebelum mulai menerapkan cara membuat susu formula yang benar.

Bersihkan tangan menggunakan sabun mulai dari telapak tangan, punggung tangan, sela-sela jari, bagian bawah kuku, hingga ke bagian dekat siku.

Lalu bilas hingga benar-benar bersih, dan jangan lupa mengeringkannya dengan tisu atau handuk bersih.

3.       Bersihkan dan siapkan botol susu anak

Hal penting lainnya yang harus kamu perhatikan dalam cara membuat susu formula untuk anak 1 tahun yang benar yakni selalu jaga kebersihan botol susunya.

Ini penting karena botol susu yang kurang bersih bisa saja menyimpan bakteri di dalamnya.

Bersihkan botol susu dengan mencucinya di bawah air mengalir dan pakai sabun atau dengan merendamnya di dalam air mendidih selama 5 menit atau menggunakan alat khusus.

Bukan hanya botol susu, cuci juga peralatan yang akan digunakan untuk membuat susu formula seperti sendok, gelas, dan lainnya.

Gunakan sikat khusus botol agar Anda bisa menjangkau seluruh bagian botol dengan mudah.

Lihat juga kebersihan sikat khusus botol yang kamu gunakan. Sebaiknya, bersihkan sikat tersebut terlebih dahulu sebelum kamu mencuci botol susu bayi.

Pastikan semua bagian botol sudah bersih dari sisa susu, lalu bilas dengan air mengalir sampai tidak ada lagi busa sabun yang tertinggal.

Selain itu, Anda juga bisa mensterilkan botol susu menggunakan alat khusus sterilizer botol bayi.

Terakhir, biarkan botol yang tadi sudah Anda cuci sampai kering sendiri.

Anda juga bisa mengelapnya dengan tisu bila akan segera dipakai, tapi hindari menggunakan kain lap yang ada di dapur karena bisa saja terdapat bakteri.

4.       Pastikan takaran air dan susu formula tepat

Cara membuat susu formula untuk anak 1 tahun yang benar selanjutnya adalah perhatikan takaran susu formula dan air tepat.

Tuang air hangat matang ke dalam botol susu sesuai takaran yang dianjurkan di kemasan, baru kemudian tambahkan bubuk susu formula sesuai saran penyajian.

Untuk menjamin ketepatan ukuran susu formula, pastikan kamu hanya menggunakan sendok takar yang telah disertakan di dalam kemasan.

Takaran susu bayi yang perlu diminum oleh bayi bisa diukur dengan cara: berat badan bayi dikalikan 2 untuk mengetahui jumlah terendah susu yang dibutuhkan.

Setelah itu berat badan bayi dikalikan 2,5 untuk mendapatkan jumlah susu terbanyak yang diperlukan.

Misal berat badan Si kecil  10 kg: 10 kg X 2 = 20, lalu 10 kg X 2,5 = 25. Jadi takaran susu bayi yang dibutuhkan bayi sekitar 20 hingga 25 ons per hari.

5.       Gunakan cara menyeduk susu formula dengan tepat

Pastikan Anda sudah memahami petunjuk penyajian yang tertera pada kemasan susu, misalnya berapa sendok susu bubuk yang harus Anda larutkan ke dalam sebotol air.

Cara membuat susu formula untuk bayi yang benar selanjutnya yakni merebus air yang akan digunakan untuk menyeduh susu.

Setiap kali membuat susu, selalu gunakan air matang bersuhu tidak kurang dari 70 derajat Celcius dengan jumlah secukupnya sesuai takaran.

Hindari cara membuat susu formula bayi dengan mencampurkan air bersuhu 70 derajat Celcius dan air dingin. Jadi, suhu air memang harus matang sempurna.

Setelah itu, aduk rata atau kamu bisa mengocoknya (pada botol yang sudah ditutup) sampai bubuk susu larut sempurna.

Sebelum memberikannya kepada bayi, turunkan suhu susu yang masih panas dengan meletakkan botol pada wadah berisi air dingin.

Anda juga bisa meletakkan botol di bawah air mengalir agar suhunya turun. Kemudian keringkan botol susu dengan tisu atau lap bersih.

Selanjutnya, World Health Organization (WHO) menyarankan Anda untuk memeriksa suhu susu formula dengan meneteskan di kulit.

Rasakan apakah suhu susu masih terlalu panas atau sudah cukup untuk diminum anak.

6.       Jangan mengonsumsi susu formula yang tidak habis (sisa)

Susu formula yang tidak langsung dikonsumsi setelah penyiapan bisa dikonsumsi jika disimpan di dalam kulkas (bukan di bagian freezer) dan harus diminum dalam waktu 24 jam.

Susu formula yang telah diminum dan tidak habis tidak boleh dikonsumsi lagi setelah satu jam. Mikroorganisme di dalam mulut Si Kecil bisa saja sudah mengontaminasi susu formula tersebut.

Setiap kali membuka wadah susu formula, pastikan tidak ada cairan yang masuk agar kondisi susu formula tetap steril dari kuman.

7.       Jangan mencampur susu baru dengan susu sisa

Cara membuat susu formula untuk anak 1 tahun selanjutnya adalah jangan campurkan sisa susu dengan susu formula yang baru.

Terkadang anak-anak tidak menghabiskan susunya dan kamu merasa sayang untuk membuangnya. Namun, ketika susu tersebut sudah diminum, maka telah terkena bakteri dari mulut anak.

Ketika didiamkan cukup lama, maka bakteri telah berkembang dan bisa membuat gangguan kesehatan bagi bayi. Karena itu, persiapkanlah susu dengan jumlah yang pas.

Susu formula di suhu ruangan hanya memiliki daya tahan sekitar 2 jam, dan ASI perah 4 jam.

Nah, itu dia cara membuat susu formula untuk anak 1 tahun yang benar. Sebaiknya sebelum memilih jenis susu formula, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ya! 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan

Makna Lagu Cicak-Cicak di Dinding

Rekomendasi Dongeng Anak