Tips Cara Menggemukkan Badan Anak agar Sehat dan Cerdas

 


Pada masa pertumbuhan, anak-anak perlu mendapatkan asupan makanan yang baik untuk bisa memenuhi kebutuhan tubuhnya. Namun terkadang tidak semua anak mendapatkan berat badan ideal sesuai dengan usianya.

Selain itu dalam menggemukkan badan anak, orang tua harus memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi oleh anak. Agar anak juga dapat tumbuh sehat dan cerdas.

Menurut Stephen R Danies, seorang professor pediatri di Children`s Hospital Medical Center Cincinnati mengatakan, “Ingat bahwa berat badan anak sangat dinamis, dan bisa berubah seiring tumbuh kembangnya.”

Namun para orang tua juga sering mengeluhkan berat badan anak yang tidak ideal padahal sudah berusaha memenuhi kebutuhan gizinya.

Memang soal berat badan anak ini kerap membuat orang tua cemas. Namun tentu selalu ada cara agar anak gemuk dan berat badannya ideal yang bisa dilakukan orang tua.

Meski begitu, memang harus dipahami bahwa setiap anak memiliki latar belakang berbeda seperti nafsu makan dan pengalamannya terhadap beberapa jenis makanan yang juga akan berpengaruh pada cara orang tua dalam menggemukkan badannya.



1.       Menambah kalori makanan

Anak-anak berusia 2-3 tahun membutuhkan sekitar 1.000 kilokalori (Kkal) per hari, sedangkan anak-anak usia 4-8 tahun membutuhkan 1.200-1.400 Kkal per harinya.

Jika si kecil sudah memenuhi kebutuhan kalori per harinya tapi tetap masih kekurangan berat badan, kamu bisa tambah asupan kalori sebesar 500 Kkal setiap hari.

Menambahkan kalori sebesar tersebut dalam waktu 1 minggu bisa menambahkan 5 ons pada berat badan anak per minggunya.

Makanan kalori tinggi yang sehat untuk menambahkan berat badan anak antara lain telur, pisang, alpukat, ayam, salmon, dan masih banyak lagi.

2.       Menambah asupan lemak

Menambah asupan lemak sehat pada anak yang kekurangan berat badan bisa jadi salah satu cara menggemukkan badan anak yang jitu. Kamu bisa sisipkan lemak tambahan ini pada makanan sehat si kecil.

Misalkan, tambah keju leleh, saus krim, minyak zaitun, mentega, mayones pada pasta maupun sayur-sayuran. Kamu juga bisa ganti campuran air pada oatmeal atau sereal dengan susu segar.

Tambahan asupan lemak sehat tersebut ini sangat berguna terutama bagi anak-anak yang suka berolahraga.

Selai kacang, kacang-kacangan, dan alpukat juga mengandung nutrisi yang dapat memulihkan peradangan akibat cedera yang mungkin terjadi saat olahraga.

3.       Menambah porsi asupan karbohidrat

Karbohidrat memang identik dengan makanan pokok seperti nasi. Namun, anak yang kekurangan berat badan cenderung tidak bisa makan dengan porsi besar.

Menambah porsi nasi belum tentu berhasil dalam menambahkan asupan karbohidrat harian guna menggemukkan badan si kecil.

Solusinya, kamu bisa coba beri cemilan tinggi kalori seperti kismis, buah-buahan kering, madu, dan granola.

4.       Penambahan kalori dari minuman

Jika tambahan kalori, lemak sehat, serta karbohidrat pada makanan tidak bisa diberlakukan pada si kecil, kamu bisa coba menambah kalori dari minuman sebagai cara menggemukkan badan anak.

Kamu bisa berkreasi dengan minuman yang tinggi kalori namun menyehatkan. Tambahkan yogurt atau susu segar pada jus buah sehingga menjadi smoothies.

Selain menambah kalori, minuman ini juga kaya akan vitamin dan protein yang penting untuk masa perkembangan anak.

5.       Mengatur jadwal makan anak

Salah satu faktor yang dapat menyebabkan anak kekurangan berat badan adalah melewatkan waktu makan. Biasakan anak untuk makan 3 kali sehari disertai 2 kali makan selingan diantaranya.

Mengatur jadwal makan yang teratur dan mematuhinya membuat kalori dan nutrisi yang dibutuhkan anak per hari terpenuhi dengan baik.

6.       Kombinasi makanan yang seimbang

Pola makan seimbang berarti mendapat asupan protein, lemak tak jenuh, karbohidrat, vitamin serta serat yang cukup, seperti:

·         Konsumsi paling sedikit lima porsi variasi buah dan sayuran.

·         Dua porsi ikan yang kaya akan omega-3 seperti salmon dan makarel.

·         Minum kombinasi produk susu rendah lemak dan gula.

·         Pastikan kadar protein tercukupi dengan konsumsi kacang-kacangan, ikan, telur dan daging.

·         Mengurangi makanan dengan lemak jenuh, tinggi gula, dan tinggi garam.

7.       Hindari cemilan tidak sehat

Kebanyakan mengonsumsi makanan yang tidak sehat, membuat anak menjadi malas makan. Tugas orang tua yang paling sulit adalah menghindarkan anak dari jajanan tidak sehat dan rendah gizi.

Jika Ibu ingin agar anak gemuk, sehat, dan dapat membuat anak menjadi cerdas, maka tegaskan pada anak untuk menghindari jajanan tidak sehat seperti permen, keripik, minuman ringan, atau bahkan makanan cepat saji.

Memang makanan dan jajanan tersebut bisa membuat anak kenyang tapi tidak akan memberikan kontribusi dalam menaikkan berat badan anak, bahkan malah menurunkan kesehatan anak jika dikonsumsi berlebih dalam jangka waktu yang cukup lama.

8.       Menambahkan vitamin

Cara lain agar anak gemuk adalah dengan menambahkan suplemen vitamin setiap hari. Ada banyak produk vitamin yang berkhasiat dalam menaikkan berat badan anak.

Saat Ibu melakukan konsultasi ke dokter anak, biasanya sudah ada rekomendasi tentang vitamin yang sesuai dengan kondisi anak. Pastikan anak menyukai vitamin tersebut dan bersedia mengkonsumsinya setiap hari.

9.       Atur minum saat makan

Membatasi jumlah minum pada saat makan bisa jadi salah satu cara menambah berat badan anak. Pasalnya, banyak minum pada saat makan bisa membuat anak cepat merasa kenyang, sehingga kebutuhan kalori harian pun tidak tercapai.

Jika anak masih belajar menelan makanan, kamu bisa latih si kecil untuk mengunyah makanan perlahan sampai halus, daripada bantu dengan air.

10.   Memvariasi menu makanan

Kamu bisa membuat menu makanan bervariasi agar anak menikmati waktu makan. Menu makanan yang bervariasi bisa menjadi salah satu cara menambah berat badan anak yang membutuhkan sedikit usaha dan kreativitas.

Anak-anak cenderung cepat bosan dengan makanan yang itu-itu saja. Makanya, kamu bisa masak sendiri untuk anak guna memastikan makanan yang bervariasi dilengkapi dengan gizi yang lengkap pula.

11.   Menciptakan kegiatan makan yang menarik

Agar anak gemuk, sehat dan cerdas yang bisa kamu lakukan lainnya adalah dengan menciptakan suasana makan yang menarik.

Anak-anak memang cepat bosan apalagi untuk kegiatan rutin seperti makan yang dilakukan setiap hari. Biasanya anak akan kekurangan nafsu makan ketika mengetahui aktifitas makan yang kurang menarik.

Coba tawarkan menu favorit anak namun pastikan kandungan gizi tetap terjaga. Buat kreasi makanan menjadi lebih ceria dan menarik perhatian anak.

Dengan menciptakan suasana makan yang menarik dari lokasi dan menu, maka anak akan tertarik untuk menghabiskan menu yang disiapkan.

12.   Waktu tidur yang cukup

Selain memperhatikan asupan dan pola makan, penting untuk menyeimbangkannya dengan gaya hidup sehat. Anak yang gemar beraktivitas banyak, bisa kamu seimbangkan dengan istirahat yang cukup pula.

Aktivitas yang terlalu banyak tanpa istirahat bisa mengakibatkan penurunan berat badan pada anak. Jika memungkinkan, tidur siang sangat dianjurkan bahkan wajib bagi anak-anak.

Nah, itulah tips cara menggemukkan badan anak agar sehat dan cerdas. Namun perlu diingat anak yang kekurangan berat badan bukan berarti boleh makan makanan apapun sepuasnya. Kalau sampai itu terjadi, bisa-bisa masalah baru yang akan muncul.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan

Makna Lagu Cicak-Cicak di Dinding

Rekomendasi Dongeng Anak