6 Cara Membiasakan Gaya Hidup Sehat Pada Anak

 


Membiasakan gaya hidup sehat kepada anak haruslah dilakukan sedini mungkin. Harapannya kebiasaan ini akan ia bawa sampai ia besar kelak. Salah satu cara membiasakan anak gaya hidup sehat yang paling efektif adalah dengan memberinya contoh dan melakukannya bersama-sama dengan sang anak.

Pola hidup sehat bisa dimulai dari mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, rajin menjaga kebersihan diri dan lingkungan, serta rutin berolahraga. Lalu, bagaimanakah agar anak mau melakukannya? Berikut cara membiasakan gaya hidup sehat kepada anak yang dapat kamu lakukan.

Cara Membiasakan Gaya Hidup Sehat Pada Anak

1. Mengatur Porsi Makan

Hal sederhana pertama yang bisa kamu ajarkan adalah mengatur pola makan yang cukup. Agar terlihat menarik untuk anak, kamu bisa mulai mengajarkan untuk mengukur porsi makan dengan membandingkannya dengan benda lain.

Misalkan, mengonsumsi sayur atau buah sebesar kepalan tangan, atau mengonsumsi Ikan atau daging sebesar telapak tangan.

Untuk buah, sayur, dan susu, kamu bisa memberinya 2-3 kali sehari. Sedangkan asupan protein dan lemak dari ikan dan daging bisa kamu berikan 2 kali sehari. Lalu, Asupan karbohidrat dapat diberikan 3-4 kali sehari dengan porsi yang disesuaikan dengan usia dan kebutuhan si kecil.

2. Mengunyah Halus Makanan

Mengunyah halus makanan akan berfungsi untuk mempermudah proses penyerapan kandungan nutrisi pada makanan secara maksimal. Mencerna makanan merupakan tugas berat tubuh, dengan mengajarkan mengunyah halus makanan kepada anak, secara tidak langsung kamu telah mempermudah tugas sistem pencernaan sang buah hati.

3. Membiasakan Anak Cukup Minum

Mengkonsumsi air putih secara rutin dan cukup mampu membantu meningkatkan metabolisme tubuh, membantu menghilangkan racun dalam tubuh, mencegah obesitas, dan beraneka manfaat lain yang baik untuk kesehatan sang anak.

4. Membiasakan Anak Sikat Gigi

Membiasakan anak untuk menyikat gigi secara teratur, memang bukanlah perkara yang mudah. Kamu diharapkan mampu membuat suasana sikat gigi menjadi menyenangkan. Misalnya, saat sedang sikat gigi kamu bisa sambil mengajak sang buah hati untuk bercerita atau bernyanyi. Lalu, saat ingin membeli sikat gigi untuknya, kamu bisa membiarkannya untuk memilih sikat giginya sendiri.

5. Membiasakan Anak Rutin Berolahraga

Eits, jangan diluan menyarah karena beranggap bahwa olahraga yang diakukan dengan sang buah hati haruslah olahraga yang berat. Kamu bisa mengajak sang buah hati untuk berolahraga ringan, seperti berjalan mengelilingi pekarangan rumah, bermain sepeda, atau bermain di taman.

Dengan rutin berolahraga, selain membuat tubuh sang buah hati menjadi lebih sehat, juga dapat membantu si kecil tidur lebih nyenyak.

6. Batasi Penggunaan Media Elektronik

Media elektronik seperti Televisi, komputer, dan ponsel sangat digemari oleh anak-anak. Bahkan ia bisa menghabiskan hingga 5-8 jam perhari untuk menggunakan media elektronik tersebut. Sebaiknya, hindari hal tersebut. Pasalnya, ketika anak fokus dengan media elektronik ia akan minim melakukan aktifitas fisik. Hal ini tentu sangat berbahaya bagi kesehatan sang buah hati.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba 6 cara membiasakan gaya hidup sehat pada anak diatas?

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan

Makna Lagu Cicak-Cicak di Dinding

Rekomendasi Dongeng Anak